Kamis, 14 Rajab 1440 / 21 Maret 2019

Kamis, 14 Rajab 1440 / 21 Maret 2019

Kebiasaan Bangun Tidur Ungkapkan Kepribadian Seseorang

Kamis 14 Mar 2019 09:29 WIB

Rep: Noer Qomariah K/ Red: Indira Rezkisari

Kebiasaan bangun tidur lebih pagi memiliki sejumlah manfaat baik bagi kesehatan.

Kebiasaan bangun tidur lebih pagi memiliki sejumlah manfaat baik bagi kesehatan.

Foto: PxHere
Mereka yang bangun tidur lebih pagi cenderung lebih bahagia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pandangan terhadap kebiasaan tidur ternyata mengungkapkan beberapa perbedaan menarik antara mereka yang begadang dan bangun pagi. Mulai dari kepribadian, hobi, bahkan kehidupan seks.

Baca Juga

Survei dengan sampel dua ribu orang Amerika Serikat (AS) mengungkapkan orang yang bangun pagi memiliki kegiatan seks lebih banyak setiap pekannya. Ini adalah rata-rata dibandingkan dengan rekan mereka yang begadang.

Seperti dilansir dari Fox News, Kamis (14/3), survei yang dilakukan oleh OnePoll atas nama Sleepopolis sebelum Hari Tidur Sedunia 15 Maret juga memberi wawasan tentang kepribadian dan hubungan melalui gaya tidur.

Tidak ada perbedaan besar dalam jumlah tidur yang diterima oleh mereka. Yakni rata-rata enam jam untuk orang yang begadang dan tujuh jam untuk orang yang bangun pagi.

Orang yang begadang cenderung pemalu dan sarkastik, cenderung menggunakan Instagram serta percaya pada hantu, juga Kriptid. Mereka lebih cenderung berstatus lajang. Sedangkan orang yang bangun pagi cenderung menikah dan memiliki anak yang tinggal di rumah.

Untuk menemukan cinta, orang yang bangun pagi juga lebih mungkin mencoba kencan daring. Mereka ditemukan mendapatkan lebih banyak uang dan lebih cenderung bekerja di kantor.

Meskipun mengejutkannya, mereka lebih cenderung dilaporkan selalu terlambat untuk bekerja. Orang yang bangun pagi 10 persen lebih mungkin untuk diidentifikasi sebagai orang yang bahagia. Sementara orang yang begadang diidentifikasi lebih kuat sebagai orang yang loyal.

Ditemukan juga ada perbedaan dalam jenis kelamin. Laki-laki lebih cenderung menjadi orang yang bangun pagi, sedangkan perempuan lebih diidentifikasi sebagai orang yang begadang.

Mereka yang menganggap diri mereka gemar bangun pagi memiliki hobi yang lebih aktif. Mereka lebih cenderung menikmati jalan kaki, hiking, berolahraga, dan berlatih di gym.

Hobi untuk orang yang begadang di malam hari biasanya lebih santai, termasuk membaca dan tidur. Ini terlepas dari apa yang mereka lakukan, responden melaporkan mereka rata-rata menghabiskan hanya kurang dari tiga jam untuk hobi dalam satu hari.

Selain itu, orang yang bangun pagi cenderung teridentifikasi sebagai orang yang bersih dan teratur. Mereka juga lebih cenderung bermimpi dan selalu mengingat mimpi mereka saat bangun tidur.

Orang yang begadang lebih cenderung memiliki masalah tertidur dan memiliki kurang memiliki tidur berkualitas tinggi.

“Yang lebih penting sebenarnya adalah memastikan jadwal tidur yang konsisten dan cukup istirahat terlepas dari gemar begadang atau bangun pagi,” kata Logan Block, direktur konten di Sleepopolis.

Terkait masalah tidur, orang yang bangun pagi cenderung berbicara, mendengkur, dan bergerak saat tidur dan juga cenderung memilih tidur dengan musik atau jendela terbuka. Di sisi lain, orang yang begadang lebih suka memakai kipas angin dan menikmati tidur dengan hewan peliharaan atau orang penting lainnya di tempat tidur bersama mereka.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA