Thursday, 25 Safar 1441 / 24 October 2019

Thursday, 25 Safar 1441 / 24 October 2019

Kandungan Bromelain pada Bonggol Buah Nanas untuk Kesehatan

Rabu 15 Aug 2018 14:09 WIB

Red: Sandy Ferdiana

Dr Keri L Dandan MSi Apt, Wakil Rektor Unpad Bidang Riset, Pengabdian pada Masyarakat, Kerjasama dan Korporasi Akademik.

Dr Keri L Dandan MSi Apt, Wakil Rektor Unpad Bidang Riset, Pengabdian pada Masyarakat, Kerjasama dan Korporasi Akademik.

Foto: Istimewa
Suplemen bromelain dapat membantu merangsang fungsi kekebalan tubuh.

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh : Dr. Keri L Dandan MSi. Apt *

Selain rasanya manis dan segar, buah nanas (ananas comosus) mempunyai manfaat untuk kesehatan.  Bahkan, bonggol buah nanas yang biasa dibuang ternyata mengandung senyawa bromelain yang banyak manfaatnya untuk kesehatan.

Bromelain adalah kompleks enzim proteolitik (pencerna protein) yang ditemukan dalam berbagai buah terutama di batang buah nanas. Bromelain mampu menghidrolisasi atau memecah berbagai jenis protein dalam berbagai lingkungan asam dan basa.

Sebagai enzim proteolitik, bromelain membantu mekanisme pencernaan tubuh dalam memecah molekul protein kompleks, menjadi unit peptida yang lebih sederhana atau asam amino. Banyak manfaat bromelain, di antaranya :

1.Mengatasi pembengkakan/inflamasi dan iritasi. Beberapa riset menunjukkan bahwa enzim bromelain dapat menurunkan inflamasi, mengobati memar, mempercepat waktu penyembuhan, dan mengurangi ketidaknyamanan setelah tindakan pembedahan.
2.Membantu mengurangi batuk dan mengurangi lendir terkait dengan sinusitis, serta mengurangi pembengkakan dan kemerahan yang menyertai demam.
3.Saat ini sedang dipelajari untuk aplikasi bromelain topikal pada:

-Penanganan luka bakar.
-Untuk menurunkan inflamasi dan mengurangi ketidaknyamanan yang terkait dengan gigitan dan serangan  serangga.
-Mengurangi pembengkakan setelah cedera olahraga.
-Mempercepat waktu penyembuhan cedera fisik atau olahraga, seperti keseleo, strain, memar, dan cedera otot ringan lainnya.
-Meringankan ketidaknyamanan terkait dengan osteoartritis. Bahkan, senyawa bromelain ditemukan  di sebagian besar suplemen alami untuk penyakit sendi dan otot.
-Digunakan dalam pengobatan alternatif untuk meningkatkan kesehatan jantung, wasir dan kondisi lain dari vena.
-Mengurangi gangguan pencernaan, untuk mengurangi kembung, gas dan gejala lain sindrom iritasi usus.
-Membantu menyeimbangkan keasaman lambung, serta alkalinitas dari usus kecil.
-Membantu meringankan diare.

Studi menunjukkan bahwa bromelain lebih efektif bila digunakan dalam kombinasi bersama enzim lain, seperti amilase (yang mencerna karbohidrat) dan lipase (yang mencerna lemak).

Secara umum, bromelain meningkatkan kekebalan tubuh secara menyeluruh. Satu studi klinis di Jerman terhadap 16 pasien kanker payudara menunjukkan, suplemen bromelain dapat membantu merangsang fungsi kekebalan tubuh.  Dengan demikian, mulai saat ini sebaiknya buah nanas dikonsumsi bersama bonggolnya. Selamat mencoba! 

 

*) Pusat Studi  Pengembangan Pelayanan Kefarmasian, Fakultas Farmasi, Unpad.
*) Wakil Rektor Unpad Bidang Riset, Pengabdian pada Masyarakat, Kerjasama dan Korporasi Akademik

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA