Thursday, 18 Safar 1441 / 17 October 2019

Thursday, 18 Safar 1441 / 17 October 2019

Menemukan Dokter Kandungan Terbaik

Senin 21 May 2018 17:07 WIB

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Wanita hamil (ilustrasi).

Wanita hamil (ilustrasi).

Foto: Republika/Prayogi/cv
Ahli menilai penting wanita hamil dengan kondisi khusus untuk mencari obgyn.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kehamilan dan persalinan adalah masalah yang sangat pribadi. Ini adalah perjalanan membawa kehidupan baru ke dunia yang salah satunya memerlukan bantuan dokter kandungan, ginekolog, atau obgyn dalam waktu tertentu.

Para spesialis ini berperan penting merawat ibu hamil sepanjang hidupnya, bukan sebatas selama kehamilan. American Pregnancy Association melaporkan obgyn adalah dokter medis yang berspesialisasi dalam manajemen kehamilan, persalinan, dan kelahiran. Mereka menerima pendidikan khusus di bidang sistem reproduksi wanita dan perawatan bedah.

Anda mungkin melihat obgyn melakukan perawatan ginekolog rutin, seperti pemeriksaan panggul, pap smear, cek infertilitas, pendarahan abnormal, kanker, endometriosis, dan banyak masalah kesehatan wanita lainnya. Lalu, bagaimana cara menemukan dokter kendungan tepat buat?

Profesor kebidanan dan ginekolog di Ohio State University Wexner Medical Center di Columbus, Jonathan Schaffir mengatakan ini adalah pertanyaan sangat rumit. Banyak faktor berperan dalam mengambil keputusan, mulai dari kenyamanan dan subspesialisasi dokter, hingga preferensi budaya dan cara pelayanan si dokter.

"Meski saya berpikir sebagian besar obgyn sama-sama terlatih dan semua memastikan ibu dan bayi sehat, tapi ada beberapa obgyn yang lebih natural dan mencoba melakukan setiap tes untuk memastikan tidak ada yang salah dari pasiennya. Saya mengatakan penting menemukan obgyn yang demikian," kata Schaffir, dilansir dari US News, Senin (21/5).

Anda bisa meminta referensi obgyn terbaik teman dekat atau keluarga. Jika Anda adalah wanita sehat yang tidak berisiko tinggi, Anda bisa memilih siapa saja obgyn yang sudah berpengalaman. Jika Anda memiliki komplikasi kehamilan, penting mencari obgyn yang memiliki beberapa keahlian dan kenyamanan dalam menangani masalah khusus itu.

Direktur Pelayanan Perinatal di NYC Health Hospotal di Bronx, Kecia Gaither setuju bahwa pemilihan dokter perlu dipertimbangkan. Wanita dengan kondisi medis komorbid, seperti diabetes pasti membutuhkan subspesialis kedokteran ibu dan janin, bukan dokter generalis. Wanita juga perlu mempertimbangkan lebih nyaman dengan dokter pria atau wanita.

Sertifikasi dokter juga penting. Anda bisa mengeceknya di internet atau situs-situs terpercaya. Anda bisa mencari tahu apakah dokter bersangkutan terlibat dalam komunitas di media sosial, misalnya memberi pendidikan kesehatan pasien mereka.

Gaya, kepribadian, dan komunikasi dokter terhubung dengan penerimaan pasiennya. Pasien dan dokter bisa saja tidak cocok satu sama lain.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA