Jumat 24 Nov 2017 02:58 WIB

Studi: Konsumsi Tiga Cangkir Kopi Sehari Baik Bagi Kesehatan

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Bayu Hermawan
Secangkir kopi
Foto: ist
Secangkir kopi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kopi adalah salah satu minuman yang paling banyak dikonsumsi di dunia. Spesialis kesehatan masyarakat di Universitas Southampton, Robin Poole melakukan penelitian terbaru, untuk memahami pengaruh mengkonsumsi kopi bagi kesehatan.

Penelitian ini meninjau sebanyak 201 studi observasi dan 17 studi klinis di semua negara. Dari seluruh studi tersebut ditemukan bukti bahwa mengonsumsi kopi dikaitkan dengan penurunan risiko diabetes, penyakit hati dan demensia.

Manfaat yang paling terlihat dari konsumsi kopi secara rutin ini yaitu menurunkan risiko kematian dini, tentunya jika dibandingkan dengan yang tidak mengonsumsi kopi sama sekali. Selain itu, kopi juga dapat menurunkan risiko kanker diantaranya prostat, endometrium, dan kulit.

Lebih rincinya, manfaat tersebut dapat dirasakan oleh orang yang meminum tiga sampai empat cangkir kopi dalam sehari. Namun, hal ini tidak berlaku bagi wanita hamil atau mereka yang memiliki risiko patah tulang tinggi. Hasil penelitian ini telah diterbitkan di jurnal medis Inggris (BMJ) belum lama ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement