Sabtu 11 Nov 2017 11:15 WIB

Lakukan Lima Langkah Ini Jika Anda Konsumsi Banyak Gula

Rep: Christiyaningsih/ Red: Esthi Maharani
Menghindari beragam makanan manis memang sulit, tapi harus dilakukan jika ingin diet berhasil.
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Menghindari beragam makanan manis memang sulit, tapi harus dilakukan jika ingin diet berhasil.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Makanan dengan rasa manis adalah favorit banyak orang. Akan tetapi ada kalanya seseorang mengonsumsi terlalu banyak makanan manis atau mengandung banyak gula. Konsumsi terlalu banyak gula tidak sehat bagi kesehatan tubuh. Dikutip dari laman Times of India, berikut empat langkah yang sebaiknya dilakukan jika tubuh sudah terlalu banyak diberi asupan gula.

1. Bergerak

Banyak studi menunjukkan bahwa seseorang akan lebih banyak mengonsumsi kuliner manis jika sedang merasa stres. Untuk menghindari kebiasaan ini, lebih baik alihkan perhatian dengan berolahraga atau sekadar menggerakkan tubuh. Yoga, meditasi, atau aktivitas sejenis sangat disarankan untuk meredam stres.

2. Memasak Sendiri

Sekali anda makan terlalu banyak gula, anda akan tergiur untuk makan makanan instan jika lapar melanda. Untuk menghindarinya, pergilah ke dapur dan masak makanan anda sendiri. Hindari makan keripik atau coklat yang akan memperburuk asupan tubuh. Makan masakan rumah lebih sehat daripada makanan instan.

3. Perbanyak Serat dan Protein

Tubuh memerlukan banyak waktu untuk mencerna serat dan protein. Kedua kandungan itu membantu menstabilkan kadar gula dalam tubuh. Konsumsilah makanan yang kaya kandungan serat dan protein untuk 'membalas' konsumsi gula yang sebelumnya masuk ke tubuh.

4. Minuman probiotik

Minuman probiotik baik untuk menjaga kesehatan usus. Ketika terlalu banyak gula yang masuk ke tubuh, usus akan dipenuhi bakteri jahat. Segeralah konsumsi minuman atau makanan probiotik seperti yogurt untuk menjaga kesehatan agar usus tetap sehat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement