Senin 23 Oct 2017 04:40 WIB

Makan Jamur Saat Sarapan Buat Perut Lebih Kenyang

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Yudha Manggala P Putra
Jamur.
Foto: pixabay
Jamur.

REPUBLIKA.CO.ID, ST PAUL -- Jika Anda sedang mengendalikan berat badan atau ingin mencapai bobot ideal, jamur disinyalir bisa jadi kunci sukses. Sebuah studi baru mengungkap, konsumsi menu jamur saat sarapan bisa membuat perut lebih kenyang.

Riset dilakukan oleh pakar dari Universitas Minnesota dan hasilnya telah diterbitkan dalam jurnal Appetite. Penulis studi, Profesor Joanne Slavin, mengatakan bahwa studi melanjutkan penelitian terdahulu mengenai jamur dengan penambahan detail mengenai jumlah protein.

"Seperti penelitian yang dipublikasikan sebelumnya, penelitian ini menunjukkan bahwa ada manfaat nutrisi dari pilihan mengganti menu daging dengan jamur," kata Slavin, dikutip dari laman Metro.

Studi meneliti tingkat kekenyangan peserta setelah memakan jamur dan daging sapi dengan jumlah kandungan protein yang sama. Selama 10 hari, 17 perempuan dan 15 pria diminta memakan 226 gram jamur kancing putih atau 28 gram daging.

Periset menemukan bahwa mereka yang makan jamur untuk sarapan tidak lekas lapar, merasa kenyang lebih lama, dan kurang tergoda untuk ngemil sepanjang pagi. Hasil tersebut dibandingkan dengan mereka yang diminta makan daging untuk sarapan.

Secara logika, sebagian penentunya adalah karena porsi jamur yang dimakan lebih banyak daripada daging. Dengan begitu, peserta yang sarapan dengan menu jamur akan lebih kenyang dan terpenuhi kebutuhannya dibandingkan hanya sepotong daging asap.

Namun, ketika harus mengendalikan berat badan, jamur dan sumber protein nabati lainnya akan sangat membantu. Porsi jamur itu memiliki sekitar tujuh gram protein dan 56 kalori, sementara daging dengan lemak sedang bisa memuat dua kali lipat kalori untuk jumlah protein yang sama.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement