Selasa 12 Sep 2017 09:06 WIB

Tips Alami Tingkatkan Peluang Kehamilan

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Hazliansyah
Wanita hamil
Foto: pixabay
Wanita hamil

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anak merupakan hadiah terindah dari Tuhan yang selalu ditunggu pasangan suami istri manapun. Calon ibu bisa mulai mempersiapkan diri meningkatkan peluang kehamilan.

ROLers, ini adalah lima tips meningkatkan peluang hamil yang pada dasarnya perlu diperhatikan laki-laki dan perempuan, dilansir dari Womanitely, Selasa (11/9).

1. Perhatikan diet

Diet sehat penting bagi kesehatan orang tua dan bayi. Makan banyak sayuran hijau dan berdaun, asam lemak omega-3, dan kurangi makanan olahan. Anda mungkin ingin menambah multivitamin untuk mengisi kekosongan nutrisi yang mungkin terlewatkan di menu sehari-hari.

Makan sehat juga membantu menjaga berat badan sehat. Studi menunjukkan wanita yang kelebihan berat badan atau terlalu kurus biasanya kesuburannya rendah. Pastikan Anda minum banyak air putih.

2. Hindari alkohol

Alkohol dan kafein memberi efek berbeda pada tubuh, namun kurang bagus untuk kesuburan. Kedua zat ini bisa memengaruhi kadar hormon Anda, sehingga lebih sulit untuk hamil. Jangan khawatir, Anda masih bisa menikmati secangkir kopi untuk makan malam, namun dalam porsi kecil.

3. Berhenti merokok

Rokok tidak bermanfaat kesehatan sama sekali, termasuk memperkecil peluang hamil. Selain berbahaya bagi paru-paru, rokok juga merusak telur wanita dan ovariumnya. Wanita juga penting berhenti merokok karena bisa merusakan serta memengaruhi sperma pria.

4. Berolah raga

Usaha untuk hamil adalah proses mendebarkan, sehingga seseorang perlu mengurangi tingkat stresnya. Olah raga menjadi salah satu alternatif, juga membantu Anda mempertahankan berat badan sehat.

Berjalan kaki, hiking, lari, sepeda, bermain golf, tenis, atau yoga adalah pilihan untuk memperbaiki kesehatan fisik dan mental Anda.

5. Pantau siklus haid

Jika Anda memperhatikan siklus bulanan Anda, sekarang waktunya untuk memantaunya. Mengetahui jendela kesuburan adalah kunci untuk hamil. Lacak kapan awal siklus Anda dimulai, dan kapan siklus berikutnya. Ini akan membantu Anda menemukan waktu terbaik untuk berovulasi atau pembuahan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement