Selasa 13 Jun 2017 04:51 WIB

Waspada Jika Kolesterol Mulai tak Terkontrol

Kolesterol
Foto: ist
Kolesterol

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Masyarakat awam perlu mengetahui bahwa ada dua jenis kolesterol dalam kandungan darah kita, yaitu kolesterol baik (HDL) dan kolesterol yang jahat (LDL). Kadar kolesterol LDL tinggi (hiperkolesterolemia) adalah kondisi saat tingkat kolesterol dalam darah lebih tinggi dari normal yang dibutuhkan tubuh.

Namun banyak orang yang kurang menyadari bahwa kelebihan kadar kolesterol jahat ini bisa berakibat negatif bagi penderitanya. "Kolesterol tinggi bisa berakibat fatal, seperti serangan jantung dan stroke," ungkap spesialis jantung, Dr. dr. Antonia Anna Lukito, SpJP, dalam seminar khusus “Kupas Tuntas Masalah Kolesterol Tinggi’ di Siloam Hospitals Lippo Village, Sabtu (10/6).

Seminar yang dihadiri peserta dewasa dari wilayah Tangerang Raya dan sekitarnya itu juga berbagi pengetahuan masyarakat akan bahayanya kolesterol jahat dalam darah, serta upaya meningkatkan  kepedulian masyarakat agar rajin mengontrol kolesterolnya sesuai petunjuk dan nasihat dokter. Hadir juga dalam seminar yakni spesialis penyakit dalam dr. Mozes LJ Silaban, SpPD.

Dr. Jeffry Oeswadi, MARS, Vice Chief Executive Officer Siloam Hospitals Lippo Village mengatakan bahwa seminar dengan topik kolesterol ini penting sekali mengingat banyak masyarakat yang masih kurang peduli dengan kesehatannya. Dengan layanan medis yang tersedia pihak rumah sakit mengimbau masyarakat luas untuk peduli dan rajin mengontrol kadar kolesterol.

"Ikuti petunjuk dokter untuk rutin memeriksa kolesterol. Jika hasilnya tinggi, kontrol dengan pola makan makanan sehat dan rajin olah raga," ujar Dr. Jeffry Oeswadi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement