Senin 22 May 2017 09:07 WIB

Kopi Bisa Perpanjang Usia?

Rep: Nora Azizah/ Red: Indira Rezkisari
Kopi hitam
Foto: Republika/Amin Madani
Kopi hitam

REPUBLIKA.CO.ID, Sebuah penelitian baru membuktikan, para peminum kopi secara regular mempunyai risiko kematian lebih kecil dari yang bukan peminum kopi. Kebiasaan minum kopi dilakukan setidaknya lima gelas per hari. Meski demikian kopi bukan jawaban dari memperpanjang usia seseorang.

Dilansir melalui Time, peran kopi membantu peminumnya mengurangi risiko terkena penyakit jantung, diabetes, gangguan fungsi otak, dan gangguan mental untuk bunuh diri. Temuan dari penelitian menyebutkan, kopi memiliki peran untuk mengurangi risiko dari seseorang terkena penyakit tersebut.

Namun para ilmuwan menyatakan bahwa kopi bisa membantu kekurangan insulin yang berpengaruh terhadap kesehatan. Penelitian tersebut melibatkan 208.500 pria dan wanita peminum kopi. Para peneliti menanyakan beberapa poin, salah satunya kebiasaan minum kopi para responden sekitar empat tahun ke belakang selama tiga dekade terakhir.

Keterkaitan konsumsi kopi dan penurunan risiko terkena penyakit tersebut ditemukan, terutama bagi mereka yang tidak merokok. Kandungan kafein mempunyai fungsi sebagai antioksidan. Namun beberapa peneliti juga berpendapat, kopi memiliki manfaat lain apabila diminum secara teratur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement