Selasa 20 Dec 2016 07:45 WIB

5 Alasan Secangkir Espresso Baik untuk Kesehatan

Rep: Novita Intan/ Red: Indira Rezkisari
Secangkir espresso
Foto: Pexels
Secangkir espresso

REPUBLIKA.CO.ID, Minum kopi telah menjadi kegiatan rutin oleh beberapa kalangan baik di pagi hari sebelum memulai aktivitas maupun malam hari setelah selesai menjalani aktivitas seharian. Rasa pahit dan aromanya yang khas memang menggoda siapa saja untuk meminumnya.

Mungkin masih banyak yang belum mengetahui mengenai manfaat kopi dan efek sampingnya selain kopi sebagai bagian dari gaya hidup atau kebiasaan sehari-hari. Padahal mengonsumsi segelas kopi nyatanya tidak selalu buruk, justru meminum kopi secara teratur dapat membawa dampak tersendiri bagi kesehatan. Sebab, kafein yang terdapat di dalam kopi merupakan stimulan untuk merangsang kinerja otak.

Apakah Anda tahu bahwa kafein bisa mengurangi rasa sakit? Itulah alasan kafein bisa membantu meningkatkan daya tubuh seseorang bahkan mampu membantu ingatan Anda.

Berikut adalah beberapa 5 manfaat dari kopi, seperti dilansir dari Lifehack, Selasa (20/12).

Meningkatkan ingatan

Kopi dapat membantu meningkatkan memori, baik itu memori jangka panjang maupun pendek. Dalam sebuah studi oleh ilmuwan Michael Yassa dari Universitas California menemukan bahwa mengkonsumsi dua cangkir kopi berkafein meningkatkan memori jangka pendek dan kecepatan reaksi.

Meningkatkan fungsi otak

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi kopi dapat meningkatkan kesehatan otak. Kopi juga dapat mencegah demensia dan perubahan yang berkaitan dengan usia lainnya dalam fungsi mental, meningkatkan memori, kewaspadaan, dan perhatian.

Menurunkan berat badan

Sebagian orang dapat menurunkan berat badan mereka ketika mengonsumsi kopi. Hal ini karena kopi mengandung kafein dan senyawa lain yang merangsang percepatan metabolisme dan akhirnya membantu penurunan berat badan.

Kopi yang rendah kalori juga sering dianggap dapat meningkatkan kinerja bekerja. Sebuah penelitian yang diprestasikan oleh lembaga ilmu olahraga dan kedokteran menemukan bahwa sekitar 5 persen masyarakat berpersepsi dapat menurunkan berat badan. Tak hanya itu, kopi berkafein juga bisa mengurangi nyeri otot.

Untuk itu disarankan meminum 3 cangkir kopi sebelum 30 menit berolahraga dapat mengurangi nyeri otot.

Mencegah risiko stroke

Beberapa peneliti telah menyimpulkan bahwa antioksidan dan senyawa lain dalam kopi dapat  mengurangi risiko stroke. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Susanna Larsson di Swedia menunjukkan kaum wanita yang lebih rutin meminum kopi secara rutin, hampir tidak mengalami stroke dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsinya.

Bahkan, meminum satu cangkir kopi setiap hari mengurangi sekitar 25 persen risiko stroke. Ini sama halnya dengan perokok yang dapat mengurangi 21 persen risiko stroke atau meminum 8 cangkir kopi sehari.

Mengurangi risiko diabetes

Banyak studi menunjukkan, mengonsumsi kopi secara rutin mengurangi risiko berkembangnya sindrom metabolik dan diabetes tipe 2 hingga 11 persen. Sebuah penelitian Universitas Harvard fakultas Kesehatan menemukan sindrom metabolik ditandai dengan penumpukan lemak perut, gangguan toleransi glukosa, kadar kolestrol yang tak sehat, dan terkadang diselingi dengan tekanan darah yang meninggi.

Meminum kopi berkafein tidak perlu merasa cemas, sebab terdapat beberapa manfaat kesehatan. Bahkan, ada juga yang mengonsumsi kopi berkafein sudah menjadi gaya hidup karena bisa memenuhi kebutuhan Anda.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement