Ahad 27 Nov 2016 12:58 WIB

Ini Alasan Mencuci Tangan Perlu 40 Detik

Rep: Dwina Agustin/ Red: Winda Destiana Putri
Mencuci tangan
Foto: .
Mencuci tangan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- WHO menyarankan untuk mencuci tangan 40 hingga 60 detik sebagai waktu ideal. Namun, banyak yang menganggap waktu tersebut terlalu lama untuk sekadar membersihkan tangan dari kotoran.

Padahal mencuci tangan bukan hanya sekadar menghilangkan kotoran dari tangan saja. Membilas tangan menggunakan air mengalir dengan sabun untuk membunuh kuman yang bersarang. "40 sampai 60 detik ini membuat koloni kuman sangat sedikit, ini mendekati nol," kata Dokter RS Pondok Indah, Felix Samuel.

Dengan rentang waktu itu, Felix menjelaskan, jika sudah dapat membunuh kuman-kuman yang ada. Namun, bukan berarti kuman hilang seluruhnya karena tidak mungkin sampai nol. Dengan durasi rekomendasi itu membuat proses buih atau busa dan proses menggosok setiap sisi tangan dapat menekan jumlah kuman pada batas aman. "Sebenarnya yang terpenting seluruh bagian tangan terkena, kalau sebentar enggak paling hanya bagian telapak saja yang digosok," kata Felix.

Enam gerakan yang melibatkan telapak, punggung tangan, sela-sela jari, jempol, hingga ujung jari ini akan membuat seluruh tangan tersapu bersih. Untuk memudahkan, Felix menyarankan setiap gerakan mendapatkan hitungan empat kali.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement