Jumat 17 Jun 2016 07:01 WIB

Pengobatan Rumahan untuk Kesehatan Mata

Rep: MGROL69/ Red: Andi Nur Aminah
Menjaga kesehatan mata
Foto: Beauty
Menjaga kesehatan mata

REPUBLIKA.CO.ID, Komputer menjadi salah satu perangkat yang sering digunakan oleh manusia. Tidak sedikit orang menganggap komputer adalah bagian terpenting dalam hidupnya. Mereka cenderung menghabiskan waktu bekerja di depan laptop atau komputer.

    

Misalnya siswa yang harus menghabiskan waktu di depan komputer untuk tugas studi mereka. Para pekerja yang menggunakan komputer untuk bekerja dan lainnya. Bahkan anak-anak saat ini cenderung menghabiskan waktunya untuk memainkan video game.

Keseringan berada di depan layar komputer atau laptop memberikan dampak buruk bagi kesehatan mata. Biasanya, orang akan menggunakan obat tetes mata untuk mengobatinya. Namun obat tetes mata tidak boleh digunakan secara rutin agar tidak menimbulkan efek samping.

Dilansir Boldsky, berikut beberapa pengobatan rumahan terbaik untuk masalah mata.

Cuci Mata

Kebanyakan orang tidak dapat menghindari untuk bekerja lama di depan komputer. Jadi, disarankan untuk merawat kesehatan mata. Cucilah mata setiap dua jam sekali. Cara ini akan menjaga mata tetap bersih dan menurunkan stres. Selain itu, mencuci mata dapat membuat mata lebih segar.

Melakukan peraturan 20-20-20

Peraturan 20-20-20 adalah setiap 20 menit sekali, disarankan untuk mengalihkan pandangan dari layar komputer dan melihat benda-benda sejauh 20 kaki (sekitar enam meter). Ini dilakukan selama 20 detik dan kemudian kembali bekerja.

Menjaga jarak penglihatan

Untuk menghindari kerusakan mata akibat terlalu lama di depan komputer, usahakan untuk menjaga jarak 12 hingga 15 inci dari layar komputer.

Menggunakan bantuan mentimun

Untuk perawatan rumah, disarankan untuk menggunakan mentimun sebagai solusi terbaik. Iriskan timun dan tempatkan di kedua mata tertutup. Ini akan menenangkan mata sekaligus mengurangi stres.

Gunakan kacamata khusus

Kaca mata khusus yang dapat digunakan adalah kacamata anti-silau. Kacamata ini bisa didapatkan dari spesialis mata. Tujuannya untuk melindungi mata dari sinar biru yang berbahaya dan tekanan yang lebih rendah dengan penggunaan kacamata. Tetapi disarankan untuk berkonsultasi kepada spesialis mata terlebih dahulu.

    

Memanfaatkan cahaya matahari

Solusi terbaik untuk mengurangi kerusakan mata adalah membiarkan jendela terbuka dan menempatkan komputer di dekat jendela tersebut. Hal ini berguna untuk mengurangi cahaya yang timbul dari komputer yang dapat merusak mata.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement