Selasa 26 Apr 2016 07:41 WIB

Pisau Bedah Ini Bisa Deteksi Kanker Otak

Otak manusia
Foto: flickr
Otak manusia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Para peneliti di Belgia mengembangkan alat bedah operasi yaitu pisau bedah pintar. Dengan pisau bedah pintar ini, memungkinkan para dokter untuk mendeteksi jaringan kanker dalam otak hanya dalam hitungan detik.

Alat ini tidak tampak seperti pisau bedah yang mengerikan, melainkan berbentuk seperti pena dengan ujung bulat kurang dari 1 milimeter, yang berfungsi men-scanner otak untuk mendeteksi kanker. Penggunaan alat ini dapat mendeteksi letak kanker otak dengan cepat dan akurat, sehingga pengangkatan kanker pada otak bisa lebih tepat dam cepat.

"Meskipun teknik seperti MRI dan USG dapat menemukan tumor secara akurat sebelum operasi, saat membuka tengkorak ada banyak faktor yang dapat menyebabkan hilangnya posisi ini, sehingga pengangkatan tergantung pada indera penglihatan dan sentuhan ahli bedah berpengalaman," David Oliva Uribe dari Vrije Universiteit Brussel (VUB).

Dilansir dari laman Sciencealert, Senin (25/4) Uribe mengatakan bahwa hasil dari scanner pada otak dapat diperoleh dalam waktu kurang dari setengah detik dengan pisau bedah pintar. Ini bukan alat yang pertama yang pernah dibuat, sebelumnya ada alat serupa yang disebut 'iKnife'

"iKnife mampu mencapai tingkat keberhasilan 100 persen dalam mendiagnosis jaringan kanker," kata Pham.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement