Selasa 05 Apr 2016 09:35 WIB

Perubahan Payudara yang Mungkin Terjadi Saat Hamil

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Indira Rezkisari
Wanita hamil
Foto: pixabay
Wanita hamil

REPUBLIKA.CO.ID, Kehamilan adalah masa-masa penuh kejutan. Bukan hanya perut Anda semakin membuncit atau berat badan bertambah, perubahan cukup drastis juga terjadi pada payudara Anda. Ini bisa terjadi karena tubuh melepaskan hormon estrogen dan progesteron serta prolaktin, yaitu hormon yang memicu produksi ASI.

Perubahan payudara menjadi tanda tubuh Anda sedang mempersiapkan diri untuk proses menyusui. Berikut adalah lima perubahan yang terjadi pada payudara selama kehamilan, dilansir dari Mother and Baby UK, Selasa (5/4).

Payudara sakit

Hormon Anda akan berubah saat mengandung dan berdampak pada payudara. Beberapa wanita merasakan payudaranya sakit diawal kehamilan, khususnya kehamilan pertama. Ini akibat meningkatnya kadar hormon progesteron dan pertumbuhan saluran susu. Suhu dingin saja bisa membuat payudara Anda nyeri, jadi tetap jaga tubuh agar tetap hangat.

Payudara membesar

Payudara wanita tumbuh lebih besar selama kehamilan. Ukuran cup bra Anda akan bertambah setidaknya satu atau dua nomor. Anda akan melihat payudara semakin melebar bahkan meluas sampai ke areal ketiak.

Dokter kandungan sekaligus ginekolog, Dr Dib Datta mengatakan pertumbuhan payudara bisa membuat areal sekitarnya menjadi gatal akibat kulit meregang. Ini juga bisa menimbulkan stretch mark dan jaringan parut selama kehamilan. Oleskan minyak dan krim khusus untuk mengatasinya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement