Rabu 30 Mar 2016 05:52 WIB

Rambut Sering Rontok? Bisa Jadi Anda Kurang Vitamin Ini

Rep: MGROL 59/ Red: Indira Rezkisari
Rambut sehat
Foto: pixabay
Rambut sehat

REPUBLIKA.CO.ID, Memiliki rambut yang tebal dan kuat merupakan keinginan sebagian besar orang terutama wanita. Dengan rambut yang tebal, rambut akan terlihat indah dan lebih percaya diri. Jika Anda mengalami kerontokan rambut yang lebih banyak dari biasanya, Anda mungkin kekurangan vitamin D.

Kekurangan vitamin D dan rendahnya tingkat zat besi dapat memainkan peran dalam kunci menipiskan rambut Anda.

Dilansir dari Prevention, Para peneliti di Universitas Kairo menemukan bahwa wanita yang mengalami kerontokan rambut juga memiliki tingkat rendah dari zat besi dan vitamin D2. Rendahnya zat besi dapat menghambat enzim penting yang telah dikaitkan dengan keontokan rambut.

"Ini adalah pertama kalinya vitamin D telah disorot dalam memainkan peran penting kerontokan rambut" jelas Rania Mounir Abdel Hay, MD, seorang dokter kulit di Universitas Kairo.

Setiap orang dianjurkan untuk mengkonsumsi minimal 600 IU vitamin D per hari dan untuk lanjut usia berumur 71 tahun ke atas dianjurkan mengkonsumsi 800 IU vitamin D per hari.

Adapun makanan-makanan yang memiliki vitamin D diantaranya yakni, ikan salmon yang memiliki 450 IU per 3 ons, susu dan jus jeruk yang memiliki 115-135 IU. Selain itu, penggunaan aloe vera atau lidah buaya juga dapat membantu mempertebal, menyehatkan serta mencegah kerontokan rambut.

Aloe vera mampu menyeimbangkan PH pada kulit kepala serta membersihkan pori-pori kulit kepala sehingga kulit kepala menjadi lebih sehat dan rambut tumbuh lebih tebal.

Selain mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung vitamin D, mengkonsumsi suplemen vitamin D juga diajurkan. Selain memberikan manfaat pada rambut, suplemen vitamin D juga dapat mencegah penyakit jantung, kanker dan patah tulang.

(baca: Lucunya Bayi Berambut Tebal yang Jadi Viral di Dunia Maya)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement