Ahad 27 Mar 2016 13:30 WIB

Ini Obat Alami Atasi Sakit Gigi

Rep: Puti Almas/ Red: Bilal Ramadhan
Sakit Gigi (ilustrasi)
Foto: Republika/Musiron
Sakit Gigi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Sakit gigi bisa terjadi pada orang-orang di segala usia. Baik anak-anak, orang dewasa, hingga berusia lanjut semuanya bisa mengalami hal ini karena berbagai sebab.

Mulai dari gigi berlubang, patah, serta infeksi gusi bisa dengan mudah menyebabkan timbulnya sakit gigi dan rasa tidak nyaman di dalam mulut. Bahkan, sinusitis atau penyakit yang menyebabkan peradangan pada dinding sinus, yaitu rongga kecil di belakang tulang pipi dan dahi juga bisa membuat munculnya hal ini.

Sebenarnya, tidak perlu terburu-buru untuk berkonsultasi dengan dokter gigi. Dilansir Bold Sky, Anda dapat mencoba beberapa bahan alami yang mampu meredakan sakit gigi seperti di bawah ini:

1. Daun mint

Daun mint diyakini para ahli kesehatan dapat mengurangi rasa sakit dan nyeri yang timbul pada gigi. Kunyah 2 hingga 4 lembar daun mint selama beberapa menit.

Kemudian, tempelkan daun tersebut di bagian gigi yang sakit.Diamkan kembali selama 10 menit, kemudian buang daun dan berkumurlah dengan air garam.

2. Cengkeh

Cengkeh dikenal akan khasiatnya sebagai obat meredakan sakit gigi untuk sementara. Dengan kandungan Eugenol, cengkeh bisa dengan cepat menghilangkan rasa nyeri yang muncul di gigi. Anda cukup mengunyah beberapa siung cengkeh selama beberapa menit.

3. Kubis

Kubis dapat mendetoksifikasi ujung gigi dan gusi. Karenanya, sayuran ini bisa efektif menyembuhkan sakit gigi yang terjadi karena berbagai faktor, khususnya infeksi gusi.

4. Jahe

Seperti cengkeh, jahe bisa digunakan untuk mengobati sakit gigi sementara waktu. Bersihkan jahe dar bagian kulit kemudian kunyah dan diamkan beberapa saat di bagian dalam mulut yang terasa tidak nyaman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement