Selasa 01 Mar 2016 13:50 WIB

Hii, Kuman-Kuman Ini Mengintai Anda di Toilet Umum

Rep: Adysha Citra R/ Red: Indira Rezkisari
Toilet umum
Foto: Republika/Tahta Aidilla
Toilet umum

REPUBLIKA.CO.ID, Tak semua toilet umum terawat dengan baik, sebagian justru terlihat kotor dan jarang dibersihkan. Toilet umum yang kotor tak hanya menjijikkan tetapi memiliki banyak kuman yang dapat menyebabkan penyakit.

Sayangnya, cukup sulit untuk benar-benar menghindari toilet umum ketika beraktivitas di luar rumah. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui lebih jauh mengenai kuman-kuman di dalam toilet umum dan memahami mana yang perlu dikhawatirkan dan mana yang tidak.

Pakar kuman dari University of Arizona, Chuck Gerba, mengatakan tak diragukan lagi jika mikroba-mikroba jahat mengancam toilet umum. Meski begitu, Gerba memastikan bahwa penyakit menular seksual atau sexually transmitted disease (STD) tidak akan menjangkiti seseorang hanya melalui penggunaan toilet umum.

Akan tetapi, jika seseorang memiliki sistem kekebalan tubuh yang rendah dan tidak terbiasa mencuci tangan, Gerba mengatakan ada cukup banyak bakteri di toilet umum yang siap menyerang. Bakteri-bakteri tertentu, lanjut Gerba, dapat menyerang orang tersebut dan menyebabkan sakit pada saluran pencernaan hingga mual dan muntah.

"Pada dasarnya, yang mengintai (di toilet umum) itu penyakit diare, bukan (penyakit kelamin) gonorrhea," terang Gerba.

Gerba mengatakan beberapa kuman yang perlu diwaspadai dan dapat menular melalui penggunaan toilet umum ialah Norovirus (penyebab muntah), MRSA (penyebab infeksi kulit, tulang, paru), dan Shigella (penyebab diare dan demam). Selain itu, Gerba mengatakan Hepatitis A (penyebab infeksi hati) dan Salmonella (penyebab keracunan makanan, diare, demam dan keram) juga menjadi ancaman bagi pengguna toilet umum.

Kuman-kuman tersebut, terang Gebra, biasanya ditemukan di toilet-toilet umum dengan lokasi berbeda. Norovirus, misalnya, biasanya ditemukan di toilet umum yang terdapat dalam kapal pesiar. Bahayanya, hanya butuh satu sampai 10 virus Norovirus saja untuk bisa menyebabkan infeksi.

Selain itu, MRSA juga dapat ditemukan di 3 persen dari total toilet umum yang ada di rumah sakit. Kuman penyebab infeksi kulit ini dapat ditemukan jika toilet umum tidak dibersihkan dan dilap dengan alkohol.

Dari seluruh toilet yang menjadi fasilitas umum, Gerba mengatakan toilet yang paling buruk ialah yang terdapat di dalam pesawat. Gerba mengatakan toilet dalam pesawat merupakan yang terburuk karena sering sekali digunakan. Untuk satu pesawat, contohnya, toilet dapat digunakan oleh 50 penumpang, bahkan di beberapa pesawat 75 penumpang harus saling berbagi satu toilet umum.

"Karena itu, toilet umum di pesawat memiliki banyak kuman," kata Gerba.

Salah satu cara terbaik untuk menghindari kuman dalam toilet umum ialah dengan menggunakan tisu beralkohol. Sebelum menggunakan toilet umum, lap terlebih dahulu kloset yang akan digunakan dengan lap beralkohol untuk mengurangi jumlah bakteri yang menempel. Selain itu, mencuci tangan secara rutin juga baik untuk menghindari ancaman kuman, dikutip dari Safebee, Selasa (1/3).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement