Selasa 23 Feb 2016 12:39 WIB

Ini Makanan Super untuk Mata Anda

Rep: Puti Almas / Red: Andi Nur Aminah
Menjaga kesehatan mata
Foto: Beauty
Menjaga kesehatan mata

REPUBLIKA.CO.ID, Mata merupakan salah satu panca indera paling penting yang dimiliki oleh manusia dan mahluk hidup lainnya. Tanpa mata, dunia akan terasa gelap karena tak ada satu pun hal yang bisa dilihat. 

Karena itu, penting bagi kita untuk menjaga kesehatan mata. Mulai dari menerapkan gaya hidup sehat, hingga mengonsumsi makanan-makanan tertentu yang diyakini bisa mempertajam penglihatan dan menjauhkan Anda dari berbagai gangguan penyakit yang dapat terjadi pada indera penglihatan ini. 

Mulai dari katarak, myopia, hingga hyperopia, semuanya dapat terjadi jika Anda tak mejaga kesehatan mata dengan baik. Termasuk faktor-faktor lainnya seperti bertambahnya usia. Namun, Anda bisa mengonsumsi makanan yang diyakini mampu menjaga kesehatan mata. Dilansir Bold Sky, inilah beberapa makanan super tersebut. 

 

Wortel

Wortel kaya dengan vitamin A, beta karoten, serta antioksidan. Karena itu, mengonsumsi sayuran ini dapat mengurangi risiko degenerasi makula dan katarak, serta melindungi kornea, juga mempertajam penglihatan Anda. 

 

Bayam 

Bayam sarat dengan vitamin C, beta karoten, serta lutein dan zeaxanthin, bagian dari antioksidan. Dua zat antioksidan ini mampu berfungsi sebagai tabir surya untuk mata, yang menyerap intensitas cahaya biru 40 hingga 90 persen. 

 

Salmon dan sarden

Salmon dan sarden merupakan ikan yang kaya dengan Omega 3. Asam lemak omega 3 mampu menjaga mata dari degenerasi makula dan sindrom mata kering. 

 

Kuning telur

Kuning telur merupakan sumber utama antioksidan Lutein dan Zeaxanthin. Belum lagi, makanan ini juga mengandung zinc yang bisa menurunkan resiko degenerasi makula. 

 

Madu

Madu ternyata berfungsi menjaga kesehatan mata sejak zaman dahulu. Oleskan tipis cairan madu di bagian atas dan bawah mata sebelum tidur untuk hasil yang maksimal. Pastikan, madu yang Anda gunakan adalah madu alami.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement