Kamis 28 Jan 2016 10:32 WIB

Ups! Ini Tujuh Kesalahan Umum Dalam Minum Kopi

Rep: Adysha Citra R/ Red: Andi Nur Aminah
Meminum kopi (ilustrasi)
Foto: healthliving
Meminum kopi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Bagi sebagian orang, menyeruput kopi, terlebih di pagi hari, telah menjadi bagian dari rutinitas sehari-hari. Beberapa penelitian juga menunjukkan dampak positif di balik meminum kopi, sehingga kepopuleran dari minuman berwarna hitam ini semakin naik.

Di balik kepopuleran kopi ini, ternyata ada kebiasaan-kebiasaan umum dalam minum kopi yang justru akan mengurangi dampak positif dari kopi. Berikut ini ada tujuh kesalahan dalam meminum kopi yang perlu diketahui khususnya oleh pecinta kopi, dilansir Huffingtonpost.

 

1. Minum Kopi Sebelum Jam 10 Pagi

Tak jarang seseorang akan langsung menyeruput kopi setelah bangun dari tidur. Padahal, manusia memiliki siklus hormon yang dikenal sebagai jam biologis. Salah satu bagian dari siklus hormon ini ialah melepaskan hormon bernama cortisol dalam tubuh yang berfungsi membuat tubuh tetap dalam keadaan segar dan tidak mengantuk seperti halnya efek dari kopi.

Hormon cortisol ini dilepaskan tiga kali sehari oleh tubuh, dengan jam pelepasan pertama pada pukul 08.00-09.00 pagi. Jam pelepasan kedua dari hormon cortisol ialah pada pukul 12.00-13.00 siang. Kemudian jam pelepasan terakhir dari hormin cortisol ialah pukul 17.30-18.30. 

Oleh karena itu, waktu terbaik untuk menyeruput kopi ialah ketika kadar hormon cortisol dalam tubuh ini secara alami menurun. Di pagi hari, waktu terbaik untuk minum kopi ialah setelah pukul 10.00 pagi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement