Jumat 22 Jan 2016 12:14 WIB

Mengapa Memilih Minum Kopi?

Rep: Ahmad Fikri Noor/ Red: Andi Nur Aminah
Kopi
Foto: Youtube
Kopi

REPUBLIKA.CO.ID, Jika Anda membutuhkan kopi saat bangun tidur dan beberapa cangkir lagi untuk menjalani hari, Anda mungkin khawatir kebiasaan Anda tidak sehat. Meski sejumlah ahli mengatakan kopi adalah salah satu minuman terbaik, ternyata terlalu banyak kafein dapat memberikan efek samping serius. Berikut ini adalah hasil kajian terbaru yang dilansir Fox News, menunjukkan perlu tidaknya kopi untuk Anda konsumsi. 

 

1. Kopi mengandung banyak nutrisi.

Berdasarkan data Asosiasi Kopi Nasional Amerika Serikat, 63 persen warga Amerika meminum kopi setiap hari dengan alasan baik. Kopi mengandung banyak nutrisi seperti magnesium, potasium, vitamin B, niasin, dan kolin.

Menurut pakar kesehatan keluarga dari Pusat Kesehatan Orange Coast, Kalifornia Arfa Babaknia, kopi juga sumber antioksidan. Jika Anda meminum kopi dengan susu, Anda akan mendapat tambahan vitamin D dan kalsium.

 

2. Kopi mencegah berbagai penyakit.

Penelitian menunjukkan kopi dapat menurunkan risiko penyakit di hati, usus besar, prostat, kanker rahim dan mulut rahim, kanker kulit, stroke, dan jantung. Kopi juga bisa mencegah parkinson, alzheimer, dan diabetes tipe 2.

Kajian terbaru dari Universitas Cornell menemukan, konsumsi kopi bahkan bisa menjaga mata dari penurunan performa retina akibat glaukoma, penuaan, dan diabetes.

 

3. Membangkitkan mood dan energi lebih baik serta penurunan berat badan. 

Minum kopi bisa meningkatkan energi, daya ingat, waktu reaksi dan mood. Faktanya, studi Harvard School of Public Health menunjukkan, orang yang meminum kopi dua hingga empat cangkir sehari mengalami penurunan resiko bunuh diri sebesar 50 persen.

Kopi pun mampu membakar lemak dan mempercepat penurunan berat badan. Kopi juga bisa mempercepat proses metabolisme sekitar empat persen. Babaknia mengatakan, efek ini lebih terasa pada orang yang memang sudah kurus. Minum secangkir kopi 30 hingga 60 menit sebelum berolahraga dapat meningkatkan performa Anda di tempat gym.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement