Rabu 13 Jan 2016 15:21 WIB

Lima Manfaat Yoga untuk Kesehatan

Rep: c23/ Red: Andi Nur Aminah
Senam Yoga.
Foto: Antara/Ahmad Subaidi
Senam Yoga.

REPUBLIKA.CO.ID,  Apakah Anda salah satu orang yang gemar melakukan yoga? Bila iya, Anda mungkin telah mengetahui bahwa yoga memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan, baik secara fisik maupun psikologi atau mental.

Asisten profesor kedokteran di Harvard Medical School, Sat Bir Singh Khalsa, mengungkapkan yoga dapat memberikan beberapa efek positif. Antara lain membantu mengobati insomnia, stres kronis, gangguan kecemasan, mencegah osteoporosis, dan mengurangi rasa sakit kronis. Dilansir laman Safebee, berikut ini uraian tentang manfaat yoga bagi kesehatan Anda.

1.    Membuat tidur lebih baik

Di antara perawatan dan tubuh lainnya, yoga merupakan treatment efektif yang membantu orang-orang mengatasi kesulitan tidur. Sebuah penelitian juga menemukan bahwa yoga memperbaiki pola tidur pada orang yang mengalami insomnia.

2.    Biaya kesehatan menjadi lebih rendah

Mempertimbangkan studi 4.452 pasien di Amerika Serikat (AS) yang dianjurkan dokter untuk mencoba program meditasi, termasuk yoga, guna membantu menangani gangguan stres mereka. Direktur Institute of Technology Assessment di Rumah Sakit Umum Massachusetts James E Stahl mengatakan pasien yang mengikuti kegiatan yoga tersebut, relatif mampu menurunkan gangguan stres hingga 43 persen.

Menurut Stahl hal itu disebabkan karena yoga memicu respons relaksasi tubuh, yang menurunkan kadar hormon stres kartisol. “Ini berarti mereka menggunakan yoga untuk mengembangkan ketahanan terhadap stres dalam kehidupan sehari-hari mereka,” kata Stahl.

3.    Mencegah osteoporosis

Manfaat ini memang belum diketahui secara utuh. Namun Loren Fishman dari Fakultas Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi Manhattan, AS, pernah melakukan penelitian yang hasilnya ditulis dalam buku berjudul ‘Yoga for Osteoporosis’. Dalam penelitian tersebut, Fishman melibatkan sekitar 800 orang yang biasa melakukan yoga.

Hasilnya, ia menemukan bahwa 12 pose yoga yang dilakukan selama 12 menit setiap hari, ternyata tidak hanya memperlambat kehilangan kekuatan tulang. Dalam beberapa kasus, juga membantu membangun tulang. Pada beberapa pasien yang telah melakukan 12 pose yoga tersebut selama 10 tahun, ditemukan fakta mereka memilki kepadatan tulang di tulang belakang dan tulang paha.

4.    Membantu menghilangkan trauma pasca pengobatan kanker

Sebuah studi yang dilakukan pada 2012 menemukan bahwa pasien kanker yang melakukan yoga berhasil membantu mereka menghadapi kesulitan, kecemasan, dan depresi setelah menjalani kemoterapi. Secara keseluruhan yoga membantu para pasien kanker meningkatkan kesehatan emosional dan sosial mereka.

5.    Menghilangkan rasa sakit kronis

Yoga memiliki efek melindungi saraf yang terlibat dalam pengolahan sakit. Hal ini dapat mengakibatkan berubahnya respon kita terhadap rasa sakit, secara fisik maupun emosional.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement