Selasa 12 Jan 2016 08:29 WIB

Ini yang Terjadi dengan Tubuh Ketika Berhenti Merokok

Rep: Retno Wulandari/ Red: Winda Destiana Putri
Rokok
Rokok

REPUBLIKA.CO.ID, Banyak perokok berat mengaku tidak bisa menghentikan kebiasaan merokoknya. Bahkan, mereka memilih meneruskan kebiasaan buruknya tersebut karena merasa tidak ada perubahan ketika berhenti merokok.

Padahal, dengan menghindari merokok meskipun hanya dalam waktu sehari akan memberikan dampak terhadap tubuh. Berikut yang terjadi dalam tubuh ketika seseorang memutuskan untuk berhenti merokok.

Dalam waktu satu hari

Tidak merokok dalam waktu satu hari saja, seorang pecandu dapat menurunkan tingkat karbon monoksida di dalam tubuh. Karbon monoksida adalah zat kimia yang sangat berpotensi mengakibatkan kematian karena berdampak pada kemampuan tubuh mengangkut oksigen. Tidak merokok dalam waktu satu hari, takanan darah dan hati mulai kembali normal.

Dalam waktu satu minggu

Menghindari rokok dalam waktu seminggu, sistem pernafasan seorang pecandu rokok akan mulai membaik karena hal tersebut memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh tembakau.

Dalam waktu satu bulan

Satu bulan tidak merokok, sirkulasi di dalam tubuh akan menjadi lebih baik. Serta, fungsi paru-paru akan mengalami peningkatan.Tidak hanya itu, tubuh akan sedikit memproduksi lendir atau dahak yang mengakibatkan batuk.

Dalam waktu satu tahun

Dalam satu tahun, resiko penyakit jantung orang yang berhenti merokok akan berkurang setengahnya dibanding dengan mereka yang terus memutuskan untuk merokok.

Dalam waktu 5 tahun

Berhenti merokok selama lima tahun akan memotong resiko terkena kanker mulut dan tenggorokan. Bahkan, resiko terkena stroke sama kecilnya dengan mereka yang bukan perokok.

Dalam waktu 15 tahun

Tidak merokok selama 15 tahun akan membuat resiko penyakit jantung mkantan perokok sama dengan mereka bukan perokok. Yang paling menakjubkan adalah mantan perokok menjadi lebih sehat dan usia menjadi lebih panjang.

(Baca juga: Peningkatan Produksi Rokok Dianggap Mengancam Kesehatan Masyarakat)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement