Senin 04 Jan 2016 15:06 WIB

Vitamin D Sering Diabaikan Ketika Berdiet

Rep: C32/ Red: Indira Rezkisari
Minyak ikan
Foto: pixabay
Minyak ikan

REPUBLIKA.CO.ID, Kebanyakan orang harus bisa sehat ketika diet dengan mendapatkan semua vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Hanya saja statistik menunjukan banyak orang yang tidak melakukan hal tersebut ketika diet.

Seperti dilansir Times of India, banyak orang yang menjaga berat badannya dengan diet namun tidak tidak mencapai remomendasi yang baik. Padahal dengan diet yang seimbang bisa menurunkan risiko terkena penyakit jantung, diabetes tipe dua, dan beberapa jenis kanker.

Untuk itu, ketika diet lakukanlah pola makan yang baik dengan mengkonsumsi banyak ikan. Sebuah survei terbaru mengungkapkan konsumsi minyak ikan untuk mendapatkan vitamin D untuk usia 19 hingga 64 tahun hanya 23 persen saja per minggunya dan anak-anak berusia 11 hingga 18 tahun hanya 22 persen.

Keadaan tersebut diperparah dengan meningkatnya masyarakat yang kurang mengkonsumsi vitamin D pada musim dingin ini. Peningkatan tersebut hingga 40 persen, bagi anak perempuan mencapai 46 persen, 23 persen wanita tidak cukup mengkonsumsi zat besi.

Selain vitamin, membatasi gula atau asupan makanan manis dalam diet juga penting. Seseorang bisa melengkapi kebutuhan nutrisinya melalui beberapa makanan seperti yogurt, sereal gandum, buah atau jus.

(baca juga: Serat, Si Pengenyang Perut yang Cocok untuk Diet)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement