Kamis 17 Dec 2015 00:12 WIB

Makanan Juga Pengaruhi Kesehatan Mata, Lho!

Mata
Foto: beaut.ie
Mata

REPUBLIKA.CO.ID, Banyak yang berfikir bahwa kesehatan mata tergantung pada aktivitas seperti melihat layar monitor, menonton televisi, bermain gadget sampai membaca buku dengan pencahayaan yang minim.

Selain itu, terdapat pula faktor lain yang memengaruhi kesehatan mata yakni makanan yang Anda konsumsi sehari-hari. Dilansir dalam laman Women Health Mag Rabu (16/12) dalam sebuah survei yang dilakukan Ocuvite, peneliti menemukan bahwa satu dari enam orang berpikir bahwa makanan tidak memiliki efek pada mata, dan hampir satu dari tiga orang merasa tidak benar-benar yakin akan hal tersebut.

(Baca juga: Rutin Konsumsi Ceri, Baik untuk Kesehatan Mata)

"Sebuah penelitian yang telah kami lakukan menunjukkan apa yang kita konsumsi hari ini akan berpengaruh pada kesehatan mata di masa yang akan datang," kata Dr Emma Derbyshire, seorang ahli gizi terkemuka dan anggota panel penasehat perawatan mata Wink.

Dijelaskan lebih lanjut, sejak usia muda, anak perlu didorong untuk banyak mengonsumsi sayuran yang baik bagi kesehatan mata, agar saat dewasa terhindar dari penyakit mata yang berbahaya.

"Vitamin C dan E dapat membantu memperlambat kerusakan mata dengan usia," kata dia.

Zat yang terdapat pada vitamin serta mineral seng juga dikaitkan dengan membatasi kerusakan katarak, serta asam lemak Omega-3 juga dapat membantu masalah mata kering.

Beberapa makanan yang mengandung vitamin dan mineral tersebut adalah, ikan, sayuran berdaun hijau, wortel, jeruk, buah berry, dan kacang almond.

(Baca juga: Cara Lain Untuk Menjaga Kesehatan Mata)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement