Selasa 03 Nov 2015 07:46 WIB

Cegah Osteoporosis Mulai dari Setop Minum Soda

Rep: C04/ Red: Indira Rezkisari
Minuman ringan bersoda harus dikurangi karena terbukti memiliki banyak bahaya bagi kesehatan.
Foto: AP
Minuman ringan bersoda harus dikurangi karena terbukti memiliki banyak bahaya bagi kesehatan.

REPUBLIKA.CO.ID, Setelah mengetahui dampak yang timbul akibat osteoporosis, menurut dr. Indra Tjahjono, Sp.RM penting agar kita mencegah penyakit tulang tersebut sedini mungkin. Untuk itu, ia mengungkapkan beberapa cara guna mencegah osteoporosis.

Perbanyak asupan kalsium

Konsumsi makanan yang kaya akan kalsium seperi kacang-kacangan, gandum, ikan salmon, susu dan lainnya. Makanan-makanan tersebut mengandung banyak kalsium yang sangat dibutuhkan guna memperkuat tulang. Mengkonsumsi suplemen kalsium juga bisa menjadi alternatif jika memang diperlukan.

Vitamin D

Vitamin D menstimulasi penyerapan kalsium. Sinar matahari akan membantu mengoptimalkan kinerja vitamin D. Oleh karena itu berjemur di pagi hari selama 15 menit, cukup berguna untuk mencegah osteoporosis.

Hindari rokok dan alkohol

Hal ini penting untuk dilakukan, karena keduanya memiliki zat berbahaya yang dapat menimbulkan pengeroposan dini pada tulang. Sehingga, rokok dan alkohol juga dianggap dapat memicu resiko osteoporosis, terutama bagi wanita.

Hindari minuman bersoda

Minuman bersoda atau soft drink merupakan salah satu faktor yang berkontribusi dalam pengeroposan tulang. Asam yang terkandung dalam soda bisa menghilangkan lapisan enamel gigi dan menghabiskan simpanan kalsium dalam tulang.

Olahraga

Salah satu cara paling mudah dilakukan untuk mencegah osteoporosis adalah dengan olahraga secara teratur. Melakukan olahraga secara rutin sangat baik untuk memperkuat tulang. Beberapa jenis olahraga yang bisa dipertimbangkan diantaranya adalah aerobik, yoga, atau latihan beban.

Konsumsi sayuran hijau

Sayuran hijau mengandung berbagai vitamin dan mineral yang penting untuk menjaga kesehatan tulang, misalnya vitamin K1, kalsium, dan boron. Beberapa sayuran hijau yang bisa dikonsumsi untuk mencegah osteoporosis diantaranya adalah bayam, brokoli, kangkung, dan sawi hijau.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement