Selasa 06 Oct 2015 07:01 WIB

Terlalu Banyak Teh Hijau Bisa Rusak Liver

Rep: MGROL 47/ Red: Indira Rezkisari
Secangkir teh hijau kaya antioksidan yang bermanfaat baik bagi tubuh.
Foto: wikimedia
Secangkir teh hijau kaya antioksidan yang bermanfaat baik bagi tubuh.

REPUBLIKA.CO.ID, Anda telah meninggalkan kebiasaan minum kopi Anda dengan beralih ke teh hijau. Langkah yang cerdas, mengingat teh hijau memiliki banyak manfaat baik bagi tubuh.

Tapi, menenggak terlalu banyak teh bisa membuat beberapa orang sakit. Dan itulah yang terjadi pada seorang gadis 16 tahun setelah ia mulai menyeruput tiga cangkir teh hijau herbal Cina setiap hari selama tiga bulan sebagai bagian dari rencana penurunan berat badan. Sang gadis akibatnya harus dirawat akibat penyakit hepatitis.

Masalahnya disebut hepatotoksisitas herbal,  merupakan racun yang diinduksi hepatitis. Dan itu terjadi ketika terlalu banyak mengonsumsi obat herbal atau segala suplemen, mulai dari Tylenol sampai teh hijau. Menimbulkan reaksi kimia yang menyebabkan kerusakan hati.

Jadi, apa yang menyebabkan penyakit tersebut? Teh hijau kaya dengan catechins, senyawa antioksidan. Dalam dosis yang tepat, ini dapat memberikan manfaat yang besar seperti menurunkan kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker. Tapi dosis yang besar (seperti yang ditemukan dalam banyak suplemen penurunan berat badan berbahan teh hijau) dapat menyebabkan hepatotoksisitas herbal.

"Ketika Anda mulai mengambil ekstrak dan mendidihkan mereka ke kapsul terkonsentrasi, itu sejenis seperti bom kecil kecil masuk ke hati Anda," kata Niket Sonpal, MD, seorang gastroenterologist dan asisten profesor kedokteran di Touro College di New York City. Dosis super ini terkonsentrasi membanjiri hati dan menyebabkan sel-sel rusak. Jika terkena, Anda dapat mengidap kelelahan, sakit perut yang parah, dan penyakit kuning.

Mencari tahu berapa banyak yang bisa dikonsumsi, kata Christopher Hobbs, MD, seorang penjual jamu yang mengkhususkan diri dalam kesehatan holistik namun bukan hal muda. Setiap tubuh memanfaatkan senyawa dalam makanan dan rempah-rempah dengan cara yang sangat berbeda. Bagaimana hati Anda menghilangkan atau memanfaatkan senyawa alami ditentukan oleh membunuh faktor seperti genetika dan apa lagi yang Anda makan, katanya.

Apakah ini berarti Anda perlu khawatir setiap kali Anda minum teh hijau? Menurut Sonpal, mungkin tidak. "Teh hijau sangat aman untuk sebagian besar orang," katanya. "Sangat jarang untuk hepatotoksisitas terjadi dengan konsumsi normal harian, seperti satu atau dua cangkir."

Risiko datang ketika Anda sedang menenggak teh herbal seperti air, Sonpal menambahkan. Intinya, minumlah sewajarnya. Hanya karena alami, bukan berarti jumlah yang banyak baik bagi Anda. Semua yang berlebihan selalu bisa merugikan, dikutip dari Shape, Selasa (6/10).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement