Senin 28 Sep 2015 12:08 WIB

Benarkah Konsumsi Vitamin C Bisa Gantikan Olahraga?

Rep: MGROL 47/ Red: Indira Rezkisari
Vitamin C dalam suplemen tablet
Vitamin C dalam suplemen tablet

REPUBLIKA.CO.ID, Vitamin C besar khasiatnya bagi tubuh. Tapi tahukah Anda kalau vitamin C sangat baik hingga dapat menggantikan fungsi olahraga.

Berdasarkan studi, dikutip dari Fastcoexist, Senin (28/9), mereka yang mengalami kelebihan berat badan masih bisa menikmati duduk-duduk di depan televisi. Selama mereka rajin minum vitamin setiap hari, mereka dapat menghindari penyumbatan pembuluh darah.

"Memasukkan olah raga ke rutinitas sehari-hari memang menantang," kata abstrak laporan itu. Seolah-olah olahraga tidak penting untuk kesehatan sama seperti makan yang baik.

Tapi, tunggu dulu. Anda belum bisa menikmati bermalas-malasan. Studi melihat pada dampak dari vitamin C dalam pembuluh darah yang mengandung protein endothelin-1. Kelihatan kalau ada peningkatan aktivitas di pembuluh darah mereka yang kegemukan atau obesitas.

Untuk sehat, resepnya adalah rajin berolahraga. Tapi studi ini menemukan suplemen vitamin C secara rutin sebesar 500 mg sama baiknya dengan efek jalah sehat yang bisa mengurangi risiko penyempitan pembuluh darah.

Penelitian tidak menunjukkan bahwa vitamin C dapat menggantikan olah raga. "Saya dan penulis lain ingin menunjukkan bahwa vitamin C, pada kenyataannya, vitamin c bukan pengganti olahraga, tetapi pilihan yang baik untuk orang dewasa dengan kelebihan berat badan dan obesitas yang tidak bisa berolahraga," ucap Caitlin Dow penulis utama studi tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement