Senin 17 Aug 2015 11:44 WIB

Lindungi Kesehatan Jantung dengan Tomat

Rep: C18/ Red: Indira Rezkisari
Vitamin A dalam buah tomat dan mineral biotin di dalam tomat juga baik untuk kesehatan mata.?
Foto: pixabay
Vitamin A dalam buah tomat dan mineral biotin di dalam tomat juga baik untuk kesehatan mata.?

REPUBLIKA.CO.ID, Tentu Anda tahu dengan tomat. Buah bulat yang biasanya berwarna merah itu banyak mengandung vitamin A yang sangat baik bagi kesehatan mata Anda.

Khasiat tomat tak berhenti sampai disitu. tomat nyatanya juga memiliki manfaat untuk mengendalikan berbagai penyakit kanker. Hal ini dikatakan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kementerian Kesehatan, Tjandra Yoga Aditama yang memaparkan manfaat tomat bagi kesehatan tubuh.

Tomat baik untuk jantung dan pembuluh darah Tjandra menjelaskan tomat dapat melindungi sistem jantung dan pembuluh darah, karena menurunkan kadar kolesteral total, LDL dan pengaruhnya terhadap kadar kolesterol baik dan trigliserida. Katanya, tomat juga berperan penting dalam anti agregasi. Selain itu, tambah Tjandra, Fitonutrien dalam tomat dalam bentuk chalconaringenin , esculeoside A‎ dan 9-oxo-octadecadienoic

Tomat memang kaya vitamin dan mineral. Tjandra menjelaskan ‎vitamin A dalam buah tomat dan mineral biotin di dalam tomat juga baik untuk kesehatan mata.‎ Sementara vitamin C dan juga air yang terkandung di dalam tomat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Tjanra melanjutkan tomat pun kaya akan kalium, yang membantu menjaga kesehatan saraf dan zat besi. Tambahnya, vitamin dan mineral lain dalam tomat meliputi Vit K, Vit E, vit B 1, B 3 dan B 6, ‎molybdenum, asam folat, fosfor, zinc, choline, asam pantotenat dan zat besi

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement