Senin 17 Aug 2015 01:01 WIB

Pentingnya Mengetahui Bahaya Sengatan Matahari

Rep: MGROL44/ Red: Winda Destiana Putri
Bahaya kulit terbakar matahari
Foto: Boldsky
Bahaya kulit terbakar matahari

REPUBLIKA.CO.ID, Ketika Anda menghabiskan sebagian besar waktu di luar ruangan di bawah sinar matahari, kulit Anda mungkin mengalami sensasi terbakar karena panas, mulai sekarang jangan sepelekan hal itu.

Sengatan matahari saat siang hari sangat tidak baik bagi kesehatan kulit karena bisa menyebabkan iritasi dan membuat kulit terbakar. Berikut fakta tentang sengatan sinar matahari bagi tubuh Anda seperti dilansir Boldsky Senin (17/8).

Iritasi

Sengatan sinar matahari tidak baik bagi kesehatan kulit. Anda akan menderita iritasi dan gejala kemerahan jika terkena sengatan matahari saat siang hari. Kulit akan terlihat lecet dan bengkak. Gejala lain yang ditimbulkan sengatan matahari adalah sakit kepala, demam dan mual.

Kulit terbakar

Sengatan matahari menyebabkan kulit terbakar dan muncul bintik kemerahan pada kulit Anda. Hal ini disebabkan panas yang dihasilkan matahari pada waktu siang, gejala itu memang tidak langsung terlihat akan tetapi menunggu beberapa jam. Bintik kemerahan tersebut dapat hilang dalam waktu tiga sampai empat hari

Kulit menjadi gelap

Fakta berikutnya yang diakibatkan dari sengatan matahari yaitu dapat membuat kulit Anda menjadi gelap (Tanning). Sering dianggap sebagai penampilan kulit yang sehat. Namun sebenarnya saat kulit berubah menjadi gelap, terjadi kerusakan pada sel kulit sehingga sel penghasil pigmen pada kulit akan memproduksi lebih banyak melanin (pigmen) sehingga warna kulit lebih gelap dari sebelumnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement