Sabtu 15 Aug 2015 16:06 WIB

Waspada, Lari Juga Bisa Sebabkan Cedera Serius

Peluncuran program Golds Run
Foto: Republika/Hazliansyah
Peluncuran program Golds Run

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- olah raga lari dalam waktu beberapa belakangan tengah menjadi kegemaran masyarakat. Tidak sekadar olah raga, lari bahkan telah berkembang menjadi bagian dari gaya hidup. Hal itu terlihat dari banyaknya event lari dengan beragam konsep. 

Hanya saja, meningkatnya minat masyarakat terhadap lari tidak diimbangi dengan pengetahuan tentang bagaimana cara berlari yang baik dan benar. 

"Banyak orang berpikir bahwa lari adalah hal mudah. Tinggal pakai sepatu, selesai," ujar Nano Oerip selaku Program and Development Manager Golds Gym Indonesia, beberapa waktu lalu di Jakarta. 

Padahal, kata Nano, sama dengan olah raga lainnya, lari juga memiliki risiko cedera. Sebab dalam berlari seseorang harus menopang berat badanya sendiri dengan intensitas yang tinggi. 

"Karena lari akan ada benturan antara kaki dengan aspal sehingga membuat getaran ke seluruh tubuh. Belum lagi berlari juga melawan gravitasi bumi. Getaran gravitasi dan tekanan badan yang akan menekan balik sesungguhnya memiliki risiko cedera," kata Nano. 

Cedera yang biasa terjadi ada di bagian lutut lalu ke pergelangan kaki. 

"Kemudian naik ke pinggul lalu ke pinggang. Maka dibutuhkan pola latihan secara total terhadap tubuh," ujar Nano. 

Karena itulah, jelas Nano, pihaknya meluncurkan program Gold’s Run yang dapat membantu Anda mengetahui segala hal tentang seluk-beluk lari. Lebih jauh, program ini juga menawarkan hasil yang nyata bagi masyarakat. Misalnya agar dapat berlari menempuh jarak 5k, 10k atau bahkan marathon. 

"Gold’s Run Program menjawab kebutuhan pelari yang ingin berlari dengan benar dan aman, serta bagi mereka yang ingin terus meningkatkan endurance dalam berlari sehingga mencapai target pace dan jarak berlari mereka," kata dia. 

Sementara Corne Van Zyl selaku Presiden Direktur Gold's Gym Indonesia mengatakan, pihaknya meluncuran program ini setelah melihat semakin tingginya animo masyarakat untuk tetap sehat dan bugar dengan lari. 

"Pusat kebugaran internasional Gold’s Gym  mendukung para penghobi olahraga lari dengan mempersiapkannya secara tepat melalui rangkaian training yang menyenangkan dan aman dalam Gold’s Run Program. Program ini didesain untuk mempersiapkan ketahanan tubuh Anda sebaik mungkin untuk berolahraga lari sekaligus mencapai target berlari Anda,” ujar Corne Van Zyl. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement