Rabu 15 Jul 2015 13:33 WIB

Begini Cara Mencuci Tangan dengan Benar

Rep: MGROL40/ Red: Winda Destiana Putri
Mencuci Tangan (ilustrasi)
Foto: topnews.in
Mencuci Tangan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sangat penting untuk kita menjaga kesehatan. Berbagai cara dapat kita lakukan agar tetap sehat. Salah satunya adalah dengan rajin mencuci tangan.

Akan tetapi, apakah Anda sudah mencuci tangan dengan cara yang benar? Berikut adalah cara cuci tangan yang benar dilansir dari Reader’s Diggest, Rabu (15/7).

Waktu

Banyak dari kita yang hanya butuh waktu 20 detik untuk mencuci tangan. Hal ini belum efektif untuk membunuh bakteri dan kuman. Durasi waktu yang tepat untuk mencuci tangan adalah sepanjang Anda menyanyikan lagu "Happy Birthday" sebanyak dua kali.

Bersihkan hingga ke bagian dalam kuku

Mencuci tangan bukan sekedar menyabun area telapak tangan. Anda harus membersihkannya sampai bagian kuku. Banyak kuman dan juga bakteri yang bersembunyi di area tersebut. Jadi, perhatikanlah bagian kuku dengan detail saat Anda cuci tangan.

Keringkan

Percuma saja Anda telah mencuci tangan tetapi tidak dikeringkan. Kuman tetap akan melekat pada tanganmu ketika dalam kondisi basah. Pilihan yang baik adalah keringkan tangan dengan tisu. Hindarilah mesin pengering yang ada dekat tempat pencuci tangan.

Jangan hanya mencuci tangan setalah dari kamar mandi

Cucilah tangan dalam waktu tertentu. Jangan sampai Anda mencuci tangan saat ingin makan atau keluar dari toilet. Dalam aktivitas sehari-hari kita bersentuhan dengan banyak benda yang dikelilingin bakteri. Selain itu, Anda juga harus sering mencuci tangan saat musim dingin dan flu.

Tidak perlu air panas

Anda tidak membutuhkan air panas untuk mencuci tangan. Air dingin sebenarnya sudah bisa membunuh kuman. Asalkan Anda sudah menggosok dan mengeringkan tangan juga sudah benar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement