Senin 18 May 2015 08:32 WIB

Minum Teh Tingkatkan Fungsi Kognitif Otak

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Muhammad Hafil
Berhenti sejenak dari rutinitas dan menyesap secangkir teh mampu menghilangkan stres dan tekanan.
Foto: pexels
Berhenti sejenak dari rutinitas dan menyesap secangkir teh mampu menghilangkan stres dan tekanan.

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR -- Minum secangkir teh bisa membantu Anda memecahkan teka-teki silang lebih cepat, menurut penelitian terbaru di Belanda yang diterbitkan dalam jurnal Nutritional Neuroscience. Ini artinya teh merangsang otak lebih cepat berfungsi karena kandungan bahan alami di dalamnya meningkatkan kewaspadaan dan konsentrasi seseorang.

Peneliti melihat efek dari bahan kimia kunci yang ditemukan dalam teh hijau dan mengujikannya pada 44 peserta. Bagi mereka yang rutin minum teh, bahan aktif ini secara signifikan meningkatkan akurasi sejumlah tugas setelah 20-70 menit meminumnya.

Teh juga mengurangi rasa lelah peserta yang masih berusia di bawah 40 tahun. Dr Tim Bond dari Tea Advisory Panel mengatakan minum dua cangkir teh hijau atau teh hitam sehari juga meningkatkan kemampuan bereaksi seseorang terhadap rangsangan dan lebih fokus mengerjakan sesuatu.

"Secara bersamaan, penelitian ini menunjukan bahwa mengonsumsi teh hitam meningkatkan fungsi kognitif," ujar Bond, dilansir dari Body and Soul, Senin (18/5).

Minum teh dikaitkan pula dengan penurunan risiko penyakit jantung, kanker, dan parkinson. Minum teh secara teratur, 2-4 cangkir sehari dalam 10 tahun akan membantu meningkatkan kepadatan tulang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement