Sabtu 14 Mar 2015 22:45 WIB

Ingin Bersihkan Arteri dari Kolesterol? Konsumsi Makanan Ini

Rep: C15 / Red: Ani Nursalikah
Beberapa sumber makanan bebas kolesterol (ilustrasi)
Foto: PIERREDEJAGER
Beberapa sumber makanan bebas kolesterol (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Arteri merupakan saluran darah yang paling vital dalam sistem organ manusia. Banyak penyakit yang disebabkan karena tersumbatnya pembuluh arteri, seperti stroke, kanker, kram otak, bahkan kelumpuhan.

Stylecraze.com mencatat 10 jenis makanan yang mampu membersihkan pembuluh arteri anda dari timbunan lemak dan zat karsinogen.

Ahli gizi New York Megan Madden mengatakan alpukat merupakan buah yang memiliki banyak manfaat. Alpukat mengandung zat yang mampu memecah kolesterol jahat dalam tubuh. Mengkonsumsi buah alpukat bisa membersihkan arteri dari endapan kolesterol.

Roti gandum memiliki banyak serat yang mudah larut dan baik untuk proses pencernaan. Serat ini selain baik bagi proses pencernaan juga baik untuk mengurangi kolesterol dalam darah.

Sama halnya dengan roti gandum, kacang-kacangan mengandung omege 3, asam lemak, serat dan vitamin E. Zat tersebut baik untuk kesehatan jantung dan mampu menekan angka kolesterol dalam darah.

Minyak zaitun merupakan minyak terbaik untuk membersihkan pembuluh arteri. Sebab minyak zaitun banyak mengandung mono dan lemak jenuh yang mampu menekan kadar kolesterol.

Selain itu, ikan salmon juga disebut banyak mengandung lemak jenuh yang mampu menekan kadar kolestrol, juga memiliki banyak kandungan omega tiga yang baik untuk kesehatan jantung.

Sayuran juga berperan baik dalam tubuh. Asparagus dan brokoli merupakan salah satu jenis sayuran yang baik bagi darah. Kedua sayuran ini memiliki zat kimia organik yang mampu melepaskan tekanan dalam darah sehingga mencairkan pembekuan darah yang tertumpuk dalam pembuluh arteri.

Terakhir, kunyit. Kunyit merupakan rempah terbaik yang dimiliki Indonesia. Selain mampu membuat rasa masakan menjadi sedap, kunyit ternyata berperan dalam tubuh.

Kunyit mengandung kurkumin, sebuah antioksidan kuat dan agen antiinflamasi yang membantu mengurangi peradangan pada pembuluh arteri, membersihkan timbunan lemak, dan mencegah hipertensi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement