Rabu 25 Feb 2015 08:21 WIB

Alami Anemia, Bayam Perlu Dihindari Selama Kehamilan

Ibu hamil
Foto: pixabay
Ibu hamil

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketika Anda mengalami anemia saat hamil, janin akan kekurangan sel darah merah dan bisa memicu keguguran. Ada beberapa makanan yang harus dihindari oleh perempuan hamil yang mengalami anemia.

Makanan yang bisa mengurangi kadar zat besi dalam tubuh sebaiknya dihindari. Inilah beberapa makanan yang harus dihindari dikutip dari www.parentsindonesia.com.

Kopi

Tidak diragukan lagi kopi tidak baik dikonsumsi selama kehamilan. Tetapi masih ada beberapa perempuan hamil yang minum kopi dalam jumlah sedikit. Kopi harus dihindari karena bisa menyerap zat besi dalam tubuh.

Tahu

Mungkin ada yang berpendapat bahwa kedelai kaya akan zat besi. Namun kedelai yang telah difermentasi harus dihindari karena mengandung asam fitat yang bisa menurunkan kadar zat besi dalam darah.

Bayam

Kandungan asam oksalat dalam bayam tidak baik karena mampu menyerap semua zat besi dalam tubuh perempuan hamil. Memang benar bayam kaya akan zat besi. Tapi zat besi bayam tidak pernah cukup memenuhi kebutuhan janin.

Gula

Perempuan hamil yang mengalami anemia harus menghindari makanan yang mengandung jumlah gula yang tinggi. Gula yang terdapat pada makanan akan mengurangi kadar zat besi dalam tubuh.

Minuman ringan

Minuman berwarna, bersoda, dan minuman yang katanya bisa mengatasi masalah kehausan harus dihindari selama kehamilan. Minuman ringan memiliki kandungan asam yang bisa menurunkan kadar zat besi dalam tubuh.

Hati

Penikmat jeroan harus berpikir ulang untuk menyantap hati saat hamil. Memang hati dikenal kaya akan zat besi. Namun hati dapat mengurangi jumlah asam folat dalam tubuh. Asam folat adalah zat yang paling dibutuhkan saat hamil.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement