Senin 12 Jan 2015 02:42 WIB

Bersepeda Ternyata Memperpanjang Umur Manusia

Rep: CR05/ Red: Indira Rezkisari
Bersepeda/ilustrasi
Foto: Antara
Bersepeda/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Bersepeda pada orang tua ternyata bisa membuat awet muda. Kesimpulan tersebut diperoleh berdasarkan studi kepada pengendara sepeda di London, Inggris.

Sebuah studi yang dilakukan terhadap para pengendara sepeda amatir yang berusia relatif sudah tua di London Inggris melaporkan bahwa kelompok usia tersebut bisa jadi memiliki fungsi fisiologi tubuh lebih awet muda dibanding generasi pada umumnya. Latihan fisik rutin, menggerakkan otot-otot akibat mengendarai sepeda tersebut, senantiasa dapat menyehatkan tubuh.

"Kekuatan tubuh kita akan otomatis menurun oleh faktor usia. Tapi kita tinggal aktif secara fisik agar kita mendapat tahun tambahan atau istilahnya memperpanjang umur," kata Norman Lazarus dari King College London di Inggris seperti dikutip Indian Express, Senin (12/1).

Gaya hidup memang memengaruhi masalah fisiologi sesorang. Fungsi organ tubuh akan semakin menurun oleh penuaan alami. Tapi di sisi lain, kita juga bisa mengantisipasi atau melakukan beberapa upaya agar tubuh tetap bugar dan sehat.

Salah satunya adalah melalui latihan fisik, seperti dikatakan penulis utama dalam penelitian ini, Ross Pollock. Kendati tetap, masalah usia tentu bukan kita yang menentukan melainkan Tuhan.

Penelitian ini melibatkan 84 pria dan 41 wanita berusia 55-79 yang gemar berkendara menggunakan sepeda. Penelitian dilakukan untuk melihat sejauh mana faktor latihan fisik dapat memengaruhi fisiologis seseorang.

Pria dan wanita tersebut merupakan pengendara sepeda yang telah melewati jarak 100 km di bawah 6,5 jam dan 60 km dalam 5,5 jam. Sementara perokok, peminum berat dan orang-orang yang memiliki tekanan darah tinggi atau kondisi kesehatan buruk tidak termasuk dalam penelitian ini.

Para peneliti menemukan bahwa orang dengan usia berbeda itu bisa memiliki kekuatan tubuh yang sama seperti otot, paru-paru dan kapasitas latihan fisik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement