Selasa 16 Sep 2014 14:33 WIB

Punya Asma? Yuk Tinggal di Kota Ini (1)

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Indira Rezkisari
San Francisco merupakan salah satu kota yang cocok bagi penderita asma.
Foto: Reuters
San Francisco merupakan salah satu kota yang cocok bagi penderita asma.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setiap tahun, penderita asma dunia terus meningkat. Memang, hawa pedesaan yang masih segar sangat bagus untuk mereka.

Namun, jika ingin tinggal di perkotaan, masih banyak kota yang bagus untuk menjadi tempat tinggal para penderita asma.

Contohnya adalah 10 kota yang ada di Amerika Serikat (AS) berikut yang direkomendasikan oleh the Asthma and Allergy Foundation of America (AAFA), dilansir dari Health.com, Selasa (16/9).

10. Boise, Idaho

Kota ini memiliki populasi 587.689 penduduk. Boise memiliki kualitas udara dan tingkat kemiskinan yang rendah. Kemiskinan merupakan faktor asma yang penting. Meskipun hubungan antara kemiskinan dan asma adalah satu hal yang rumit untuk dijelaskan, namun orang-orang yang hidup dalam kemiskinan disinyalir lebih rentan terhadap asma karena mereka cenderung lebih mudah terkena alergi dan iritasi udara, seperti knalpot kendaraan dan stres emosional.

9. Portland, Maine

Kota ini memiliki populasi 513.102 penduduk. Kota ini sangat berbudaya, tingkat kejahatannya rendah, dan menjadi kota layak huni nomor satu di Amerika versi Forbes pada 2009.

Orang dengan asma akan merasa kota ini layak huni juga. Kota ini memiliki kualitas udara yang baik dan hukum larangan merokok di tempat umum di Portland sangat ketat. Asap tembakau merupakan pemicu asma.

8. San Francisco, California

Kota ini memiliki populasi 4,2 juta penduduk. Area yang bagus di sini meliputi Oakland dan Fremont, area perkotaan yang dipertimbangkan oleh AAFA. Pemerintah Kota San Fransisco sangat gencar mencegah asma. Mulai dari Dewan Kota, kelompok masyarakat, hingga profesional kesehatan bekerja sama untuk menyembuhkan penduduknya yang menderita asma.

7. Daytona Beach, Florida

Kota ini memiliki populasi 500.413 penduduk. Kualitas udara di sini berada di atas rata-rata sepanjang Anda tinggal jauh dari Daytona International Speedway, di mana balapan Daytona 500 NASCAR diselenggarakan setiap tahunnya. Auto knalpot yang berisi karbon monoksida, nitrogen oksida, dan hidrokarbon adalah pemicu asma utama.

6. Palm Bay, Florida

Kota ini memiliki populasi sekitar 536.161 penduduk. Palm Bay terletak di Samudera Atlantik, hanya 100 kilometer di selatan Daytona Beach. Tidak seperti kebanyakan kota lainnya, Palm Bay menjaga kualitas udaranya. Bahkan, kota ini merupakan kota layak anak, sehingga sudah pasti baik untuk anak-anak penderita asma.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement