Kamis 15 May 2014 14:13 WIB

11 Kebiasaan Makan Ini Bantu Kurangi Kegemukan (2)

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Didi Purwadi
Pisang (ilustrasi)
Pisang (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- ROLers, sebagian dari Anda mungkin menganggap banyak makan adalah musuh dari orang bertubuh gemuk. Pernyataan ini tak selamanya benar selama pola makan Anda tertata. Tambahkan

11 kebiasaan makan berikut sebagai rutinitas harian Anda untuk menurunkan berat badan secara sehat, seperti dilansir dari Best Health Mag pada Kamis (15/5).

4. Perkecil piring makan Anda

Studi menemukan bahwa semakin banyak makanan terhidang di depan Anda, semakin Anda akan lupa akan kesehatan dan melahap semuanya dalam piring yang besar.

Taruhlah makanan Anda sesuai dengan ukuran piring atau wadahnya. Hal yang sama juga berlaku untuk cairan. Alih-alih Anda menggunakan gelas berukuran 16 ons yang besar untuk cangkir kopi, namun kembalilah ke masa lalu dengan menggunakan gelas delapan ons untuk minuman air dan gelas enam ons untuk cangkir kopi.

5. Makanlah hanya di meja makan atau dapur

Di rumah, Anda sebaiknya hanya menaruh makanan di dapur atau di meja makan saja. Anda harus membiasakan diri untuk hanya makan di dapur atau di meja makan. Artinya, tidak ada makanan di depan televisi dan tidak ada camilan di kamar tidur.

Ingat, seluruh ruangan di rumah Anda bukanlah zona makanan. Dengan membatasi diri makan di satu tempat saja, maka ini akan mengurangi risiko Anda terus mengunyah.

6. Sajikan makanan mentah setiap kali makan

Sayuran atau buah potong, seperti wortel, seledri, lobak, kembang kol, jeruk, peach, apel, bahkan pisang adalah makanan mentah terbaik untuk menu bersantap Anda.

Masukkan mereka ke dalam piring makan Anda atau letakan mereka di meja makan. Mereka adalah menu-menu sehat yang bisa menetralkan kalori dari makanan yang sudah dimasak.

7. Jangan simpan banyak makanan ringan di kulkas

Tinggalkan cake, es krim, keripik kentang, hingga kue-kue berkalori tinggi di kulkas Anda di rumah. Jika Anda membeli sekotak es krim dan menyimpannya di kulkas, maka Anda akan selalu tergoda untuk menghabiskannya.

sumber : Best Health Mag
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement