Kamis 15 May 2014 14:01 WIB

11 Kebiasaan Makan Ini Bantu Kurangi Kegemukan (1)

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Didi Purwadi
Minum air putih/ilustrasi
Foto: sheknows.com
Minum air putih/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- ROLers, sebagian dari Anda mungkin menganggap banyak makan adalah musuh dari orang bertubuh gemuk. Pernyataan ini tak selamanya benar selama pola makan Anda tertata.

Tambahkan 11 kebiasaan makan berikut sebagai rutinitas harian Anda untuk menurunkan berat badan secara sehat.

1. Makan 5-6 makanan ringan sehari, bukan tiga kali makan besar

Penelitian di Afrika Selatan menunjukkan ketika laki-laki makan menu berat mulai pagi hari hingga interval per jam berikutnya, mereka mengonsumsi hampir 30 persen kalori setiap satu kali makan.

Studi lain menunjukkan bahwa jika makan makanan berat itu diganti dengan camilan ringan saja, maka Anda akan memakan jumlah kalori yang sama, namun tubuh Anda melepaskan insulin yang lebih sedikit. Artinya, gula darah Anda lebih stabil dan membantu mengurangi rasa lapar.

2. Perlakukan makanan berkalori tinggi sebagai makanan pelengkap, bukan makanan utama

Hal ini dipraktikkan dalam kasus berikut. Daripada Anda makan semangkuk es krim dengan beberapa buah beri di atasnya, lebih baik Anda memakan semangkuk buah beri dengan sesendok es krim di atasnya.

Daripada Anda makan chip keripik kentang yang dibeli di supermarket, lebih baik Anda makan sup sayur dengan sedikit taburan keripik kentang di atasnya. Jangan makan seluruh steak dengan sayuran di sampingnya, tapi taruhlah daging steak di atas gundukan sayuran di piring Anda.

3. Banyak minum air putih setelah sarapan

Saat sarapan, Anda boleh-boleh saja menikmatinya dengan segelas jus jeruk. Tapi, sisa hari harus Anda perbanyak dengan minum air putih saja, bukan jus, bukan soda, juga bukan minuman manis yang berkalori tinggi.

Anda mungkin tidak tahu bahwa meskipun minuman manis itu berkalori, namun faktanya itu sama sekali tidak memicu rasa kenyang di tubuh Anda. Jadi, Anda cukup mengonsumsi air putih sebanyak mungkin setelah sarapan hingga sebelum tidur.

sumber : Best Health Mag
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement