Senin 25 Feb 2013 07:41 WIB

Latihan Tidur untuk Bayi Anda (2)

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Mansyur Faqih
Bayi sedang tidur bukan berarti aktivitas otaknya untuk belajar terhenti. Demikian diyakini para peneliti.
Foto: corbis
Bayi sedang tidur bukan berarti aktivitas otaknya untuk belajar terhenti. Demikian diyakini para peneliti.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Latihan tidur adalah proses yang bisa membantu anak anda belajar untuk tertidur tanpa intervensi orangtua. Mereka tetap bisa lelap tidur sepanjang malam. Untuk bayi yang masih muda, tidur lelap selama lima jam itu penting. 

Ada beberapa metode yang dapat digunakan untuk ini. Tapi, kebanyakan dari cara-cara itu memiliki beberapa hal yang sama.

Misalnya, anda bisa meletakkan bayi anda ke tempat tidur ketika mereka masih terjaga dan membiarkan mereka menangis untuk waktu yang singkat. Hal ini sering lebih sulit bagi orang tua karena mereka tak tega membiarkan bayinya menangis. Namun, menangis pada kenyataannya adalah hal lumrah yang dilakukan bayi. 

Berikut latihan tidur yang baik untuk bayi anda, dikutip dari SymptomFind, Senin (25/2).

Pada usia empat hingga enam bulan, bayi mampu tidur sepanjang malam. Mereka bisa tidur dengan sendirinya tanpa bantuan orang tua. Jika usia tiga bulan pertama orang tua membiasakan jadwal tidur yang teratur pada bayinya. Maka saat berusia di atas tiga bulan, bayi akan terbiasa bersiap-siap untuk tidur jika jamnya tiba.

Sangat penting untuk diingat bahwa setiap bayi berbeda. Beberapa bayi bisa latihan tidur cepat dan tanpa kesulitan. Sementara bayi lainnya butuh latihan tidur lebih lama dan butuh penyesuai lebih lama. 

Orang tua harus cukup bersabar dan tetap menjalankan program latihan tidur ini secara teratur. Sampai akhirnya bayi anda terbiasa.

Pada usia empat hingga enam bulan ini, kebanyakan bayi telah mengabaikan aktivitas pemberian makan mereka di tengah malam. Apalagi, jika si bayi sudah mulai mengonsumsi makanan padat. 

Ini agar tidak ada lagi alasan bayi terbangun lapar pada malam hari. Kecuali jika ada sesuatu hal yang salah.

Misalnya si bayi sedang sakit. Namun pada usia ini, bayi dapat resisten terhadap perubahan. Itulah mengapa sangat penting untuk membangun kebiasaan baik sejak dini.

Orang tua penting untuk membiasakan tidak memegang anak mereka sampai dia tertidur. Anak anda harus dilatih untuk itu. Seluruh ide ini adalah untuk mengajarkan anak anda bisa menenangkan dirinya sendiri untuk tidur. 

Sehingga, bayi harus diletakkan ke tempat tidur mereka di saat mereka masih terjaga atau setengah mengantuk. Orang tua pun harus siap untuk mendengar tangisan bayi mereka. 

Hal ini tidak jarang untuk melatih pola tidur si bayi. Bayi mungkin rewel dan menangis selama beberapa menit sampai mereka bisa membuat diri mereka nyaman dan tertidur.

Orang tua pun jangan terlalu sering menyerah sehingga mengambil bayi mereka dan menghibur mereka setiap mereka menangis saat ditaruh ke keranjang tidurnya. 

Ide sikap ini adalah untuk mengajarkan bayi anda bisa tidur dengan usaha mereka sendiri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement