Jumat 31 Aug 2012 08:31 WIB

Sering Susah Tidur? Coba Jurus Ampuh Ini

Rep: Wachidah Handasah/ Red: Endah Hapsari
insomnia (ilustrasi)
Foto: ap
insomnia (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Susah tidur alias insomnia memang menyebalkan. Namun, jangan panik dulu. Ada berbagai solusi untuk meredakan kekesalan akibat insomnia.

Menurut ahli akupunktur dan obat tradisional, Putu Oka Sukanta, ada tanaman obat yang cukup berkhasiat membantu seseorang mengatasi sulit tidur.

Misalnya pegagan yang bisa memberikan efek rasa tenang. Selain itu, tanaman ini juga memberikan efek meningkatkan daya tahan tubuh. Begitu juga tanaman sembung yang sangat bagus untuk orang yang koordinasi ginjal dan jantungnya tidak harmonis. Lenglengan juga bisa dimanfaatkan dengan cara mengeringkannya lalu dipakai sebagai bantal. Akar tanaman ini juga bisa direbus lalu airnya diminum. Tanaman lainnya yang juga baik buat para penderita susah tidur adalah dlingo dan buah pala. amun seberapa banyak seorang penderita sulit tidur harus memakan atau meminum tanaman obat itu, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan ahli pengobat tradisional.

Namun, perlu diketahui juga bahwa tak semua gangguan sulit tidur bisa disembuhkan dengan tanaman obat. Seseorang yang sulit tidur karena problem di rumah tangga tentu tidak akan bisa disembuhkan dengan ramuan tanaman obat apapun sebelum problem rumah tangganya terselesaikan. ''Di sinilah peran pengobat sebagai konselor memegang peranan penting. Jadi, ia juga harus mampu mengkonseling pasiennya,'' ujar Putu Oka Sukanta.

Dan agar upaya pengobatan lebih efektif, alangkah baiknya bila pasien berusaha membuat sistem dalam tubuhnya menjadi rileks dengan melakukan relaksasi.

Dalam hal ini, Putu memberikan dua tips untuk berelaksasi. Cara pertama: tubuh terlentang, lepaskan semua ketegangan otot. Biarkan kaki sedikit terbuka, juga tangan. Lalu hirup nafas sedalam mungkin. Coba tahan di dalam dada sekuat mungkin. Dan kalau mampu, ikuti kemana saja udara mengalir di dalam tubuh.

Saat pertama kali melakukan latihan ini, orang mungkin akan tegang. Ia akan berusaha untuk mencari tahu ke mana saja udara mengalir. ''Tapi bila sudah 4, 5 atau 10 kali dilakukan, orang itu akan menjadi rileks.'' Cara kedua: berdiri tegak namun tidak boleh berhimpit. Lalu tangan bergayut seperti bandul jam, tanpa energi. Angkat kedua tangan ke depan setinggi bahu. Kemudian dengan tanpa energi dilepaskan. Biarkan saja, berapa lama si tangan sanggup bergayut. Latihan-latihan ini merupakan senam yang baik sekali dilakukan sebelum tidur. Apa manfaatnya? ''Memperbaiki sirkulasi energi vital dan darah di dalam tubuh.''

Di samping melakukan relaksasi, penderita gangguan sulit tidur sebaiknya juga menghindari makanan yang susah dicerna oleh lambung misalnya makanan yang berserat panjang dan yang padat. Jadi, cobalah untuk minum air sup sayuran dan perbanyak minum jus. Adapun yang disarankan adalah jus tomat, wortel dan apel. Tapi bila ditemukan gejala yang spesifik, pilihan jus ini bisa diubah.

Bagaimana dengan susu? Susu hangat bagus juga diminum sebelum berangkat tidur. ''Tapi saya tidak mempunyai pengalaman yang spesifik mengenai hal ini.'' Dan yang perlu juga diingat, hindari minuman yang merangsang misalnya kopi dan bir.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement