Senin 19 Mar 2012 22:03 WIB

Para Pria yang Ingin Miliki Tulang Kuat, Berlarilah Rutin

Pria Berlari (Ilustrasi)
Pria Berlari (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK - Imbauan bagi kaum adam. Para lelaki yang ingin menjaga tulangnya tetap kuat sebaiknya menambah latihan fisik terutama berlari, demikan menurut hasil penelitian terbaru.

 

Dalam sebuah studi yang melibatkan 42 pria atlet berusia 19 hingga 45 tahun, para periset menemukan berlari memiliki keuntungan lebih besar terhadap masa tulang ketimbang latihan otot atau kekuatan lainya. Baik pelari maupun mereka yang berlatih angkat berat memperoleh kepadatan tulang lebih dibanding balap sepeda, namun keuntungan yang didapat, pelaku angkat berat lebih terlihat pada penambahan massa otot daripada tulang.

 

Sementara sangat kontras, berlari menunjukkan peningkatan kepadatan tulang terlepas dari ada tidaknya pengaruh terhadap massa otot kaum adam.

 

"Hasil dalam riset mengonfirmasikan bahwa berolahraga dan melakukan aktivitas benturan tinggi terus-menerus meningkatkan kepadatan mineral tulang," ujar peneliti senior Pamela S. Hinton, asisten profesor di Universitas Missouri, Kolumbia, dalam keterangan pers yang disampaikan universitas.

 

"Hanya saja," imbuhnya, "Olahraga benturan keras, seperti berlari terlihat memiliki keuntungan lebih besar," ujarnya. 

 

Tulang adalah jaringan hidup yang bereaksi terhadap gerak tubuh dengan bertambah kuat. Olah badan yang memaksa tubuh melawan gravitasi--seperti berlari, melompat, dan angkat berat--ialah yang paling efektif. Sebaliknya,. aktivitas benturan ringan, seperti bersepeda atau berenang menghasilkan tekanan terhadap tulang relatif sedikit.

 

Dalam riset tersebut, para pengguna sepeda sebagai latihan fisik memiliki kepadatang tulang paling rendah dibanding pemilik tubuh lain. Temuan ini juga menghapus dugaan perbandingan masa otot pria secara umum, yang sebelumnya diyakini peningkatan masa otot akan meningkatkan masa tulang. Ternyata pada aktivitas lari itu tak sepenuhnya terjadi. Efek pada lari sepertinya terpisah pada masa otot.

 

Hinton juga merekomendasikan jika atlet terlibat dalam olahraga benturan ringan seperti berenang, bersepeda, dan mendayung sebagai tambahan diluar olahraga benturan keras. Menurut Hinton, itu adalah kunci bagi yang ingin mendapat massa otot bertambah dan merata di seluruh tubuh.

 

"Program olahraga bertujuan meningkatkan kekuatan tulang harus dirancang dengan memperhatikan bagaimana tulang merespon aktivitas tersebut," ujar Hinton. "Hanya posisi tulang yang mengalami tambahan tekanan dari olahrga yang bakal menjadi kuat,"

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement