Tuesday, 16 Safar 1441 / 15 October 2019

Tuesday, 16 Safar 1441 / 15 October 2019

12 Bagian Tubuh yang Jarang Dibersihkan (2-Habis)

Kamis 17 Jan 2019 17:29 WIB

Rep: Rossi Handayani/ Red: Ani Nursalikah

Mandi (ilustrasi)

Mandi (ilustrasi)

Foto: safebee
Beberapa bagian tubuh sulit dijangkau saat mandi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apakah Anda yakin membersihkan bagian tubuh dengan benar? Ternyata ada bagian tubuh paling kotor yang perlu perhatian lebih.

Terdapat beberapa bagian tubuh yang sulit dijangkau, misalnya telinga dan pusar. Jika tempat-tempat ini tidak dibersihkan dengan benar, akumulasi kotoran dapat menciptakan lingkungan yang menguntungkan bagi bakteri.

Lain kali ketika mandi, cobalah membersihkan bagian tubuh berikut ini, seperti dilansir di Boldsky, Kamis (17/1).

Kaki dan jari kaki

Baca Juga

Membersihkan dan menggosok jari kaki dan kaki dengan batu apung sangat penting, karena ini adalah salah satu area di mana kotoran mudah terbentuk. Tinea pedis adalah jenis jamur yang menyebabkan kaki atlet dan berkembang di antara atau di belakang jari kaki. Jadi, cuci dan bersihkan area antara jari-jari kaki dengan sabun, dan air.

Kuku

Seringkali kotoran hitam menumpuk di bawah kuku. Ketika Anda bersin atau membersihkan daging mentah dan melakukan hal-hal lain dengan jari, kotoran dan debu mudah terperangkap dan bakteri feses dapat dengan mudah berkembang biak dalamnya.

Bokong

Bokong adalah bagian tubuh lain yang membutuhkan perawatan ekstra. Kita selalu duduk di pantat kami sehingga kulit pantat mengalami banyak stres. Berkeringat di pantat sangat umum dan jika daerah itu tidak dibersihkan dapat menyebabkan jerawat. Sel-sel kulit mati juga dapat menyebabkan kulit kering. Jadi sangat penting untuk membersihkan pantat, dan melembabkannya.

Baca juga: Sudahkah Anda Membersihkan 'Bagian Belakang' dengan Benar?

Tangan

Tidak mencuci tangan dengan benar akan membuat Anda sakit karena tangan menyentuh banyak hal sepanjang hari. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Environmental Health, 95 persen orang tidak mengetahui cara mencuci tangan dengan benar. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, membersihkan tangan selama setidaknya 20 detik diperlukan.

Selangkangan

Selangkangan memiliki lipatan, dan berkeringat sangat umum di daerah itu. Ini mengarah pada perkembangan bakteri di sekitar kulit alat kelamin. Inilah sebabnya mengapa pembersihan selangkangan yang efektif penting untuk mencegah keringat berlebih. Kenakan pakaian katun longgar untuk mencegah keringat.

Ketiak

Keringat yang berlebihan menyebabkan ketiak berbau. Ini juga tidak terlihat kotor, karena rambut ketiak menahan kelembaban dan menarik bakteri yang menyebabkan berbau. Anda dapat mencegah bau ketiak dengan mencuci dengan sabun, dan air atau menggunakan deodoran yang tidak akan mengiritasi kulit.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA