Thursday, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Thursday, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Saat Diet Gagal, Apa yang Terjadi pada Tubuh? (2-Habis)

Kamis 22 Nov 2018 01:11 WIB

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Indira Rezkisari

Upaya menurunkan berat badan tidak hanya dipengaruhi faktor makanan.

Upaya menurunkan berat badan tidak hanya dipengaruhi faktor makanan.

Foto: Pxhere
Ketika gagal diet, nutrisi sehat yang masuk ke tubuh berkurang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anda tentu sering menghadapi godaan menjalankan diet, seperti akhir pekan dan libur panjang, waktu di mana Anda berkumpul sambil makan bersama teman-teman. Sangat mudah tergoda dan akhirnya usaha diet pun gagal.

Dokter Julianne menjelaskan bagaimana kegagalan diet memengaruhi tubuh, sehingga Anda perlu mempertimbangkannya kembali, dilansir dari Cosmopolitan.

Sistem kekebalan tubuh melemah
gagal diet berarti mencabut mineral esensial dan vitamin dari tubuh, sehingga melemahkan sistem kekebalan tubuh. Julianne mengatakan saat diet Anda mengurangi jumlah makanan berlemak dan lebih banyak menyerap vitamin yang larut dalam lemak, seperti A, D, E, dan K. Vitamin ini diperlukan untuk mendukung sistem kekebalan tubuh. Jika jumlahnya kurang, ini menyebabkan masalah di masa depan.

Bau mulut hingga kerusakan fungsi organ
Diet rendah karbohidrat memungkinkan tubuh memecah asam lemak untuk menghasilkan keton dan membuat berat badan turun beberapa kilogram. Gagal diet menimbulkan efek samping merusak, mulai dari mual, bau mulut, hingga masalah fungsi hati dan ginjal.

Merusak rambut dan kulit
Ketika gagal diet, Anda mengurangi nutrisi sehat yang masuk ke tubuh. Pada gilirannya bisa berdampak negatif pada penampilan fisik, seperti rambut dan kulit. Anda mungkin terlihat loyo, kulit kering, kembali berjerawat, dan rambut mulai rontok.

Mudah lelah
Gagal diet menyebabkan berkurangnya glikogen yang mengikat air dan akhirnya menyebabkan tubuh kehilangan energi banyak. Ini membuat Anda mudah lelah.


Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA