Sunday, 12 Jumadil Akhir 1440 / 17 February 2019

Sunday, 12 Jumadil Akhir 1440 / 17 February 2019

Aktivitas Fisik Dua Menit Bawa Dampak Baik

Ahad 25 Nov 2018 04:49 WIB

Rep: Dwina Agustin/ Red: Ratna Puspita

Orang dewasa setidaknya perlu melakukan 150 menit aktivitas fisik moderat, seperti berjalan cepat setiap minggu atau aktivitas yang bisa menguatkan otot setiap dua hari atau lebih dalam seminggu.

Orang dewasa setidaknya perlu melakukan 150 menit aktivitas fisik moderat, seperti berjalan cepat setiap minggu atau aktivitas yang bisa menguatkan otot setiap dua hari atau lebih dalam seminggu.

Foto: pixabay
Aktivitas fisik merupakan resep sehat termurah, tetapi banyak orang tidak mengisinya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aktivitas fisik dalam kegiatan sehari-hari dapat membawa dampak yang signifikan untuk kesehatan. Bahkan, bergerak dua menit per hari dapat menambah manfaat besar untuk kesehatan jangka pendek dan jangka panjang.

Edisi baru Panduan Aktivitas Fisik Amerika Serikat menyatakan, sejumlah kecil aktivitas memberikan kontribusi yang solid bagi kesehatan seseorang. Sebelumnya, pedoman menyatakan aktivitas fisik berlangsung 10 menit atau lebih lama merupakan kegiatan yang dihitung ke arah tujuan aktivitas mingguan yang direkomendasikan.

"Panduan baru menunjukkan, berdasarkan sains terbaik, semua orang dapat secara dramatis meningkatkan kesehatan mereka hanya dengan bergerak, kapan saja, di mana saja dan dengan cara apa pun yang membuat Anda aktif," ujar asisten sekretaris untuk kesehatan di Departemen AS Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan (HHS) Adm Brett Giroir.

HHS menyatakan, 26 persen pria, 19 persen wanita, dan 20 persen remaja di Amerika Serikat saat ini mendapatkan jumlah aktivitas fisik mingguan sesuai rekomendasi. Angka itu yang cukup mengkhawatirkan.

"Ini resep termurah di dunia, tetapi kebanyakan orang tidak ingin mengisinya," kata profesor kedokteran kardiovaskular dengan University of Florida College of Medicine Dr Eileen Handberg.

Jumlah yang disarankan untuk aktivitas fisik per pekan, yakni dewasa setidaknya 150 hingga 300 menit untuk aerobik intensitas sedang atau 75 hingga 150 menit aktivitas intensitas kuat. Kegiatan itu dapat dikombinasikan dengan aktivitas penguatan otot setidaknya dua hari.

Contoh aktivitas fisik yang moderat termasuk jalan cepat, menari, aerobik air atau mencabut rumput liar. Aktivitas yang kuat dapat melibatkan berlari, berenang, bersepeda cepat, menari aerobik, atau bekerja dengan sekop atau cangkul di kebun.

Sedangkan untuk anak-anak berusia 5 tahun direkomendasikan untuk aktif sepanjang hari agar meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan dengan setidaknya tiga jam  per hari. Anak-anak berusia 6 hingga 17 tahun disarankan untuk memiliki setidaknya 60 menit aktivitas fisik sedang hingga kuat.

Wanita hamil dan pascamelahirkan harus melakukan setidaknya 150 menit latihan intensitas sedang per minggu. Sementara orang dewasa yang lebih tua harus menambahkan latihan keseimbangan di atas aktivitas aerobik dan penguatan otot mereka.

"Setiap aktivitas lebih baik daripada tidak ada," ujar ahli jantung dari Hartford Hospital di Connecticut Thompson.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Konflik Lahan di Jambi

Jumat , 15 Feb 2019, 21:07 WIB