Senin, 13 Jumadil Akhir 1440 / 18 Februari 2019

Senin, 13 Jumadil Akhir 1440 / 18 Februari 2019

Manfaat Bit Bagi Kesehatan Tubuh

Kamis 18 Okt 2018 06:03 WIB

Rep: Christiyaningsih/ Red: Ani Nursalikah

Buah Bit.

Buah Bit.

Foto: aif.ru
Bit umumnya diolah menjadi jus.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sudah tahukah Anda mengonsumsi bit mendatangkan banyak manfaat kesehatan bagi tubuh? Sayur mungil berwarna ungu ini memang aromanya terasa langu dan rasanya seperti ketela mentah. Namun, rupanya bit kaya akan manfaat.

Sayuran yang umumnya diolah menjadi jus ini tergolong sebagai superfood yang tinggi kandungan antioksidan. Selain itu, bit sarat akan vitamin dan mineral yang menjaga stamina dan kesehatan fungsi hati.

Anda dapat menyimpan bit segar yang masih bertangkai selama empat hari di kulkas. Namun, jika tangkainya dipotong dan disisakan satu inci, maka daya simpan bit bisa mencapai satu bulan. Berikut manfaat mengonsumsi bit sebagaimana dikutip dari Hello.

Menurunkan tekanan darah

Sejumlah studi menemukan konsumsi jus bit mampu menurunkan tekanan darah. Saat dikonsumsi dalam bentuk jus, kandungan nitrat dalam bit akan berubah menjadi asam nitrat. Asam nitrat tersebut dapat membantu merelaksasi tubuh dan melebarkan pembuluh darah.

photo

Meningkatkan stamina

Sebuah penelitian pada 2012 mengungkap minum jus sayuran mampu meningkatkan kadar plasma nitrat. Selain itu, jus sayur memperbaiki stamina dan performa dalam latihan olahraga. Percobaan menunjukkan kecepatan seseorang yang bersepeda sejauh 10 kilometer meningkat setelah minum dua gelas jus bit sehari.

Memperlambat demensia

Bit tidak hanya baik bagi jantung dan otot namun juga ampuh menjaga kesehatan otak. Kandungan nitrat pada jus bit membantu melancarkan aliran darah ke otak pada manula. Dengan demikian, penurunan daya kognitif seperti demensia dapat diperlambat.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES