Selasa, 16 Safar 1441 / 15 Oktober 2019

Selasa, 16 Safar 1441 / 15 Oktober 2019

Cuma Dua Menit, Begini Cara Militer Cepat Tertidur

Rabu 05 Sep 2018 08:44 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadhani/ Red: Indira Rezkisari

Tidur

Tidur

Foto: pixabay
Pikiran yang kosong membantu seseorang agar mudah tidur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bagi sebagian orang, memejamkan mata setelah merebahkan diri di atas kasur merupakan hal yang sulit dilakukan. Alih-alih segera tertidur, mereka tetap terjaga dengan pikiran yang terus berlarian ke sana kemari. Apakah Anda salah satunya?

Teknik rahasia militer yang belum lama ini diungkapkan dalam buku Relax and Win: Championship Performance mungkin bisa menjadi kabar baik orang-orang yang mengalami kesulitan untuk tertidur dengan cepat. Buku ini mengungkapkan bagaimana para pasukan militer bisa tertidur dengan cepat di dalam situasi yang sangat tidak nyaman sekalipun, misalnya seperti di tengah peperangan.

Teknik rahasia militer untuk tidur dengan cepat ini dikembangkan oleh para kepala tentara. Mereka mengembangkan teknik tidur ini agar para anggota pasukan tentara yang mereka pimpin tidak membuat kesalahan karena kelelahan dan kurang tidur. Dikatakan, teknik ini dapat bekerja dengan baik pada 96 persen orang setelah latihan selama enam minggu.

Tentunya, bukan hanya pasukan tentara saja yang kerap mengalami kesulitan tidur. Kesulitan tidur pun dialami oleh sebagian masyarakat. Jika tidak diatasi dengan baik, kualitas tidur yang buruk dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, diabetes tipe 2 hingga ketidakmampuan untuk fokus karena kurang tidur. Oleh karena itu, tak ada salahnya jika masyarakat biasa pun mencoba teknik rahasia militer untuk tidur cepat ini.

Ada beberapa langkah yang perlu dilakukan dalam tidur cepat 'ala' militer ini. Langkah pertama adalah merelaksasi otot-otot di wajah, termasuk lidah, rahang dan otot di sekitar mata. Langkah selanjutnya adalah memposisikan bahu serendah mungkin, dimulai dari salah satu sisi bahu terlebih dahulu.

Berikutnya, hembuskan napas dan buat bagian dada menjadi lebih rileks. Lakukan hal yang sama untuk merelaksasi kaki mulai dari bagian paha hingga ke bawah.

Kosongkan pikiran selama 10 detik, setelah itu bayangkan diri Anda sedang berada di atas sebuah kano di tengah-tengah danau yang tenang, ditemani oleh langit biru yang jernih.

Setelah itu, bayangkan diri Anda sedang berbaring di atas sebuah tempat tidur gantung berwarna hitam di sebuah ruangan yang benar-benar gelap. Katakan pada diri Anda sendiri "jangan berpikir, jangan berpikir, jangan berpikir" selama sekitar 10 detik.

Jika teknik rahasia militer untuk tidur cepat ini tidak banyak membantu, ahli tidur Dr Neil Stanley memiliki solusi lain. Stanley mengatakan kunci utama untuk tertidur dengan cepat adalah menenangkan pikiran.

"Untuk bisa tertidur Anda membutuhan tiga hal," jelas Stanley seperti dilansir Independent. Ketiga hal tersebut adalah ruang tidur yang kondusif, tubuh yang rileks dan pikiran yang tenang. Stanley mengatakan seseorang tidak akan bisa tertidur jika pikiran mereka terus sibuk.

"Apapun yang bisa Anda lakukan untuk menenangkan pikiran akan membantu Anda tertidur," lanjut Stanley.

Stanley mengingatkan bahwa tidak ada cara 'ajaib' yang bisa membantu siapapun untuk tertidur dengan cepat. Setiap orang yang mengalami kesulitan tidur perlu menemukan cara yang tepat bagi diri mereka masing-masing untuk menenangkan pikiran.

Sebagian orang mungkin lebih nyaman dengan membaca, ada pula yang lebih menyukai mandi air hangat untuk membantu diri mereka tidur lebih cepat. "Ada pula yang memilih teh bunga kamelia, mindfulness, aromaterapi atau mendengarkan lagu Pink Floyd. Apapun bisa Anda lakukan, selama itu dapat membuat Anda berhenti merasa khawatir tentang semua tekanan di keseharian Anda," pungkas Stanley.



BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA