Saturday, 16 Rajab 1440 / 23 March 2019

Saturday, 16 Rajab 1440 / 23 March 2019

Buah Ini Bantu Kurangi Risiko Serangan Jantung

Selasa 26 Jun 2018 11:25 WIB

Rep: Rossi Handayani/ Red: Yudha Manggala P Putra

Buah beri.

Buah beri.

Foto: good housekeeping
Buah jenis beri salah satu yang dapat membantu mengurangi risiko serangan jantung.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Serangan jantung merupakan keadaan darurat medis serius yang membutuhkan perawatan segera. Ia terjadi ketika pasokan darah ke jantung terhambat, biasanya karena gumpalan darah, penumpukan lemak, juga kolesterol.

Salah satu cara untuk mencegah atau memperkecil risiko serangan jantung adalah dengan mengatur dan memilih makanan. Salah satunya dengan memperbanyak mengonsumsi buah.

Para ilmuwan Harvard University menyarankan salah satu buah yang bermanfaat besar dalam mencegah serangan jantung adalah jenis beri, seperti stroberi, blueberi, dan blackberry .

Menurut mereka buah jenis beri adalah sumber yang kaya vitamin C. Buah ini juga memiliki antosianin alias senyawa pigmen yang bisa berfungsi sebagai antioksidan dan antiinflamasi.

 "Ada semakin banyak bukti yang menunjukkan bahwa peningkatan asupan vitamin C melalui sumber makanan seperti buah dan sayuran dapat mengurangi risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular. Vitamin C adalah antioksidan dan melindungi sel dari stres oksidatif," kata kata Kepala Nutrisi Klinis BioCare, Chris Newbold, dilansir dari laman Express, Selasa (26/6).

Menurut peneliti, antosianin pada beri dapat menurunkan tekanan darah dan membuat pembuluh darah lebih fleksibel. Orang yang mengonsumsi blueberry dan stroberi paling banyak sekitar 34 persen, lebih kecil kemungkinannya mengalami serangan jantung.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA