Saturday, 16 Rajab 1440 / 23 March 2019

Saturday, 16 Rajab 1440 / 23 March 2019

Grafik Flu Ini Bantu Buktikan Terserang Influeza atau Pilek

Ahad 18 Feb 2018 15:16 WIB

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Winda Destiana Putri

virus FLU/Influenza.

virus FLU/Influenza.

Foto: Sciencealert
Pasien yang dirawat inap karena flu menjadi tertinggi dalam satu dekade ini.

REPUBLIKA.CO.ID, Di Amerika Serikat, musim ini menjadi musim dengan flu terburuk sejak wabah flu babi 2009 lalu. Menurut data, pasien yang dirawat inap karena flu menjadi tertinggi dalam satu dekade ini.

Seseorang yang tidak terkena flu dapat melihat orang lain yang terkena flu. Namun bagaimana cara mengetahui jika seseorang terkena influenza atau hanya sekedar pilek biasa? Selain konsultasi ke dokter, baru-baru ini terdapat grafik flu yang memperlihatkan seseorang terkena flu dengan cara unik. 

 

Baca juga: Sudah Vaksinasi Influenza Masih Batuk-Pilek? Ini Alasannya

Melalui akun @loserboy di Twitter, dia menjabarkan grafik flu yang dia terima dari dokternya dengan membandingkan sakit pada tubuh dengan ditabrak kereta. "Info flu dari seorang dokter, yang lucu," tulisnya seperti dilansir dari laman Science Alert.

Virus Influenza dan pilek adalah penyakit yang mengganggu pernapasan, namun keduanya disebabkan oleh virus yang berbeda. Meski gejalanya sama, biasanya gejala pilek lebih ringan dibandingkan dengan Influenza.

Misalnya, jika seseorang kedinginan, hidungnya akan berair atau tersumbat dan sakit kepala. Padahal, jika seseorang terkena influenza, dia mungkin akan sudah kehilangan keinginan untuk hidup.

Namun disamping semua lelucon tersebut, gejala yang menyertai flu sangat berbahaya karena dapat menyebabkan komplikasi kesehatan serius dan bahkan kematian. Sejauh ini di Amerika lebih dari 50 anak telah meninggal.

Sebelum perawatan dilakukan, diagnosis haruss tepat. Meski banyak yang sulit melihat perbedaan dari flu dan pilek berdasarkan gejala. Namun Pusat Kontrol Penyakit dan Pencegahan AS membuat tabel dengan cara ilmiah. Tentu lebih baik melakukan vaksin untuk pencegahan dibandingkan harus merasakan rasanya ditabrak kereta, bukan?

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA