Selasa 14 Nov 2017 00:15 WIB

Diet tanpa Cheat Day? Ini Tipsnya

Rep: Christiyaningsih/ Red: Indira Rezkisari
Pelaku diet
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Pelaku diet

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak orang yang ingin lebih kurus atau lebih sehat melakukan diet. Sayangnya kadang diet dilakukan dengan berlebihan hingga menyingkirkan santapan-santapan lezat yang sebenarnya masih boleh dimakan.

Tak jarang karena terlalu ketat berdiet sepanjang waktu, akhirnya pertahanan pun jebol dan justri makan apa saja yang diinginkan. Dilansir dari laman Times of India, berikut beberapa kiat agar diet tetap menyenangkan dan sehat.

Makan yang Disukai

Diet bukan berarti menghindari makanan dan minuman yang punya rasa. Diet yang baik adalah ketika menikmati menu makanan sehat tersebut dan merasa ada kemajuan dalam memperbaiki tubuh. Tidak ada seorang pun yang bersedia diet jika hanya boleh makan brokoli sepanjang hari.

Hitung Asupan

Hitunglah berapa banyak kalori yang harus dilenyapkan dari tubuh anda. Pada pekan pertama, kalori yang hilang dari tubuh jangan lebih dari 200 kalori. Jangan lupa atur protein yang masuk ke tubuh. Protein adalah elemen penting dalam program diet apapun. Setiap satu kilogram berat tubuh diperlukan 1,5 sampai dua gram protein.

Jika sudah menemukan hitungan yang tepat mengenai kalori dan protein, saatnya mengatur karbohidrat dan lemak. Makin banyak karbohidrat yang masuk ke tubuh maka lemak harus semakin sedikit. Begitu pula sebaliknya.

Selanjutnya, pilih bahan makanan yang menunjang program diet. Sebaiknya masaklah sendiri bahan-bahan tersebut. Buatlah racikan yang sesuai dengan selera agar diet jadi makin menyenangkan.

Ukur Perubahan

Bisa jadi selama pola makan Anda salah. Mulailah evaluasi pola makan dan atur waktu makan dengan lebih sehat. Hindari makan di saat-saat terlarang seperti makan menjelang tidur atau ketika tengah malam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement