Jumat 27 Oct 2017 01:05 WIB

Konsumsi Air Putih Dingin Bantu Bakar Kalori?

Rep: Novita Intan/ Red: Indira Rezkisari
Air dingin
Foto: Wikipedia
Air dingin

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bukan rahasia lagi bahwa minum banyak air dapat meningkatkan energi, membersihkan kulit, dan membantu menahan keinginan untuk ngemil. Tapi bagi mereka yang khawatir dengan berat badan, minum air putih juga bisa melakukan keajaiban untuk ukuran pinggang.

Seperti dilansir dari laman Reader's Digest, minum air es dingin membantu membakar lebih banyak kalori sepanjang hari, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism. Periset secara acak menugaskan peserta untuk minum delapan ons air suling, salin, sukrosa, atau air dingin pada hari yang berbeda.

Kemudian, mereka mengukur pengeluaran energi masing-masing subjek. Mereka yang minum air es dingin membakar tujuh kalori per gelas, para periset melaporkan.

Air dingin mengharuskan tubuh bekerja lebih keras lagi untuk menghangatkan diri kembali. Akibatnya, energi yang dibutuhkan untuk mendapatkan kembali suhu tubuh normal membakar beberapa kalori ekstra per gelas.

Minum 10 gelas air dingin sehari selama satu minggu membakar 490 kalori. Itu setara dengan kehilangan tujuh pon dalam satu tahun dan yang harus dilakukan untuk tetap terhidrasi.

Berikut adalah cara-cara yang lebih banyak mengubah tubuh dengan mulai minum cukup air. Dewan Makanan dan Gizi merekomendasikan agar pria minum 3,7 liter air dan wanita minum 2,7 liter air setiap hari.

Namun, para ahli memperingatkan bahwa minum air dingin seharusnya tidak menjadi prioritas utama dalam perjalanan penurunan berat badan. "Dalam gambaran besar, sama sekali tidak penting," kata ahli diet Andy Bellatti, MS.

Jika ingin mengecilkan tubuh, para ahli merekomendasikan melengkapi asupan air dengan makanan sehat dan banyak berolahraga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement